Warga Bukit Kencana Jaya Semarang Kekurangan Air Bersih, PDAM Tirta Moedal Siap Droping Air Gratis

Air dari PDAM Tirta Moedal yang biasanya mengalir setiap dua hari sekali, kini tidak mengalir sejak dua pekan ini.

TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI
Petugas PDAM Tirta Moedal dropping air bersih ke sejumlah rumah yang salurannya tidak dapat mengalir, Jumat (21/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Puluhan rumah di Perumahan Bukit Safira, Kawasan Bukit Kencana Jaya, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

Air dari PDAM Tirta Moedal yang biasanya mengalir setiap dua hari sekali, kini tidak mengalir sejak dua pekan ini.

"Biasanya ngalir dua hari sekali. Tapi, sudah dua pekan ini tepatnya akhir-akhir puasa tidak mengalir. Lebaran sempat mengalir. Setelah lebaran tidak mengalir lagi," ungkap, Lani (54), seroang warga Perumahan Bukit Safira, Jumat (21/6/2019).

Lani pun tidak mengetahui secara pasti penyebab tidak mengalirnya air ke rumahnya. Hampir setiap rumah di blok DO Perumahan Bukit Safira tidak mengalir.

Selama krisis air, dia berusaha semaksimal mungkin mengirit air agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

"Air kan penting banget, semuanya butuh. Selama airnya minim, saya paling mandi sehari sekali. Benar-benar mengirit agar bisa pakai semua sekeluarga," ungkapnya.

Guna memenuhi kebutuhan air bersih, dia dan para tetangganya kerap membeli air gunung untuk kebutuhan sehari-hari. Sejak bulan puasa hingga sekarang pihaknya telah membeli air bersih sebanyak delapan kali.

"Kami patungan beli air bersih. Biasanya yang tanki besar 6.000 liter harganya sekitar Rp 375 ribu. Kalau yang tanki kecil 250 ribu. Itu saja dua hari baru datang," terangnya.

Selama air tidak mengalir, dia pun sudah berusaha menghubungi pihak PDAM Tirta Moedal melalui sambungan telepon. Namun, pihaknya kerap tidak mendapatkan respon.

"Saya sering telepon tapi nomornya sibuk terus. Akhirnya, anak saya lapor Hendi melalui media sosial. Kata Pak Hendi, bisa dikirim air bersih, gratis. Alhamdulillah ini dikirim dari PDAM," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved