Keluhkan Bau, Bupati Tegal Terjun Langsung Semprot Selokan Alun-alun

Bupati Tegal Umi Azizah merespon cepat dengan mengadakan giat penyemprotan selokan. Kegiatan jumat (21\6) pagi itu

Keluhkan Bau, Bupati Tegal Terjun Langsung Semprot Selokan Alun-alun
Istimewa
Bupati Tegal, Umi Azizah 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI -- Menjawab aduan masyarakat perihal Alun-alun Hanggawana yang menyebarkan bau tak sedap, Bupati Tegal Umi Azizah merespon cepat dengan mengadakan giat penyemprotan selokan. Kegiatan jumat (21\6) pagi itu, melibatkan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM), Damkar, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup serta Paguyuban pedagang Karya Mandiri.

"Alun-alun Hanggawana ini adalah area publik jadi harus nyaman, biar mereka yang berkongkow serta bersosialisasi disini merasa betah" Ujar Umi.
Langkah penyemprotan ini ia ambil demi kepentingan bersama, terutama pengguna dan penikmat alun-alun hanggawana. Jika konsumen merasa nyaman, otomatis dagangan disini juga akan ikut laris, lanjut Umi.

Rencananya setelah ini pemkab akan membuat pengumuman berkala lewat pengeras suara, untuk mengingatkan. Karena alih-alih sudah sering ingatkan, masih ada saja pedangan yang membuang sisa daganganya ke selokan, Pihaknya akan menegur keras jika masih ada pedagang yang melakukan demikian.

Bupati Tegal, Umi Azizah
Bupati Tegal, Umi Azizah (Istimewa)

Ditanya tentang kegiatan ini akan dilaksanakan rutin atau tidak, Umi menjawab jika pedagang itu sadar akan kewajiban dan tanggungjawabnya tidak ada lagi kegiatan seperti ini. Harus ada kemandirian untuk menjaga jangan sampai menimbulkan rasa bau, pungkas Umi

Sedana dengan Umi, Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Tegal, Suspriyanti menghimbau kepada para pedagang agar muncul kesadaran diri. Harapannya pedagang bisa memilah-milah sampahnya, untuk sampah sisa makanan itu dipisah sendiri. Karena tidak mungkin pemerintah akan mengawasi setiap hari perilaku pedagang, ini merupakan tugas paguyuban untuk saling mengingatkan temannya, kata Suspri.

Bau tak sedap itu sendiri berasal dari selokan-selokan alun-alun hanggawana, yang setelah dibuka bak kontrolnya ternyata isinya sisa-sisa makanan yang dibuang pedangan. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved