Himawan Senang Ada Workshop Jumputan di Kota Lama Semarang

Puluhan orang tampak tersenyum menunjukkan kain bermotif jumput seukuran saputangan di tangannya masing-masing, Minggu (23/6/2019).

Himawan Senang Ada Workshop Jumputan di Kota Lama Semarang
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Puluhan peserta tampak tersenyum menunjukkan kain bermotif jumput seukuran saputangan di tangannya masing-masing di depan Gedung Soesmans Kantoor, Kota Lama, Semarang, Minggu (23/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Puluhan orang tampak tersenyum menunjukkan kain bermotif jumput seukuran saputangan di tangannya masing-masing, Minggu (23/6/2019).

Adalah sebuah workshop yang merupakan serangkaian dari acara pameran karya seni bertajuk "Rectoverso" yang diselenggarakan oleh mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Unnes di Gedung Soesmans Kantoor, Kota Lama, Semarang.

Noor Tiara Habib Aisyah Intan (25) pengisi workshop menuturkan, workshop jumputan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat terkait jumputan.

Menurutnya, banyak masyarakat yang tidak mengetahui terkait jumputan ini yang ternyata bukan termasuk dari jenis batik.

"Workshop ini untuk mengenalkan ke masyarakat bahwa kita punya berbagai kekayaan tekstil, bukan cuma batik juga ada jumputan.

Juga ajang untuk meluruskan bahwa jumputan itu bukan batik. Kalau di masyarakat seringnya bilang batik jumputan atau dianggap jumputan itu salah satu jenis batik. Padahal itu tidak, karena dalam pembuatannya, jumputan yidak pakai malam sebagai pelintang warnanya tapi pakai ikatan," jelas Tiara.

Pembuatannya sendiri, ungkap Tiara, cukup mudah.

Peserta hanya perlu membuat pola, kemudian diikat dan lantas dicelupkan ke dalam pewarna yang telah tersedia.

"Pewarnanya pakai naptol. Jadi kita bisa menentukan warna kita sendiri," paparnya.

Naptol untuk pembuatan batik jumput sendiri, kata dia, memiliki takaran 25 gram untuk 1 meter kain.

Halaman
123
Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved