FOKUS : Menanti dan Menerima Ketok Palu Hakim MK

Berbagai kejutan telah ditampilkan ke publik selama proses persidangan gugatan sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK)

FOKUS : Menanti dan Menerima Ketok Palu Hakim MK
tribunjateng/bram kusuma
Tajuk ditulis oleh Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda 

Oleh M Nur Huda

Wartawan Tribun Jateng

Berbagai kejutan telah ditampilkan ke publik selama proses persidangan gugatan sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Publik telah sama-sama menyimak dan menganalisa serta menyimpulkan sesuai dengan argumentasi masing-masing.

Namun, ketika nantinya Hakim MK membacakan putusan, semua selayaknya tunduk dan patuh pada keputusan hukum.

Memasuki akhir tahapan sidang sengketa Pilpress, Juru Bicara Tim Hukum Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Razman Arif Nasution mengatakan, tim hukumnya yakin sembilan hakim MK akan memutuskan sidang sengketa dengan baik dan adil.

Menurut mereka, selama proses persidangan, hakim MK telah mengakomodasi semua permintaan dari masing-masing kubu.

Termasuk Juru Bicara Tim Hukum Prabowo-Sandiaga, Hendarsam Marantuko, juga percaya bahwa sembilan hakim MK yang dipilih Presiden, DPR, dan Mahkamah Agung (MA), dapat bersikap adil dalam memutuskan perkara sengketa hasil Pilpres 2019.

Pihaknya menilai bahwa hakim MK adalah orang-orang terpilih yang memiliki kredibilitas sehingga akan memberikan keputusan yang baik.

Hendarsam Marantuko juga meyakini, pihak Prabowo-Sandi tidak akan menggelar aksi di jalanan seusai putusan MK dibacakan, apapun hasilnya.

Seluruh proses politik telah dilalui, termasuk menempuh jalur konstitusi yang memang diperkenankan oleh perundangan. Maka, perlu dipahami bahwa seluruh proses ini hanyalah sebuah kontestasi, sehingga wajar jika dalam prosesnya terdapat pertentangan, perbedaan pandangan.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved