Penjualan Otomotif hingga Mei Masih Lesu

Penjualan mobil di dalam negeri pada Mei 2019 masih mengalami penurunan. Hal itu diduga akibat imbas dari tahun politik

Penjualan Otomotif hingga Mei Masih Lesu
Istimewa
Sales sedang melakukan pengecekan unit kendaraan sebelum dikirim ke dealer 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Penjualan mobil di dalam negeri pada Mei 2019 masih mengalami penurunan. Hal itu diduga akibat imbas dari tahun politik, dengan adanya gelaran pemilu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) per Mei 2019 yang diolah Astra, total penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales) sebanyak 84.029 unit. Jumlah itu turun 16,4 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu mencapai 100.520 unit.

Sementara total penjualan kepada konsumen sepanjang Januari-Mei 2019 tercatat sebanyak 422.038 unit, turun 14,7 persen dari periode sama tahun lalu mencapai 494.931 unit.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager (EGM) PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengatakan, penjualan secara nasional pada semester I/2019 akan turun dibandingkan dengan periode tahun lalu.

Menurut dia, hal itu antara lain merupakan imbas dari faktor kontestasi politik yang membuat konsumen menunda pembelian. "Kami prediksi penjualan nasional sampai akhir tahun sekitar 1,08 juta unit, atau turun dari tahun lalu," katanya, kepada Kontan, Minggu (23/6).

Soerjo menuturkan, penjualan sampai akhir tahun berkisar 90 ribu per bulan. Hanya saja, ia berharap adanya dukungan dari pemerintah agar pasar nasional memiliki sentimen positif.

Pasalnya, saat ini segmen yang mendorong penjualan seperti LCGC cenderung melemah. Sehingga diharapkan ada aturan yang mendukung.

Hal itu seperti penurunan suku bunga, DP 0 persen dipertahankan, dan ditambah dengan harmonisasi pajak yang sedang digodok. "Setelah GIIAS 2019, praktis tidak ada lagi acara selain momentum akhir tahun," ujarnya.

Terkait dengan target penjualan TAM, Soerjo tak menjawab. Yang jelas pada tahun ini TAM masih optimistis pangsa pasar di atas 31 persen. Satu strateginya lewat pengenalan model-model baru, ditambah dengan penguasaan jaringan diler di seluruh Indonesia.

Tak revisi target

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved