Sistem Zonasi PPDB 2019 Berpolemik, Pakar Pendidikan UNS: Ada 8 Standar yang Harus Dipenuhi

Penerapan sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 mengharuskan calon peserta didik memilih sekolah yang memiliki radius terdekat.

Sistem Zonasi PPDB 2019 Berpolemik, Pakar Pendidikan UNS: Ada 8 Standar yang Harus Dipenuhi
IST
Ilustrasi Sistem Zonasi 

TRIBUNJATENG.COM - Penerapan sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 mengharuskan calon peserta didik untuk menempuh pendidikan di sekolah yang memiliki radius terdekat dari domisilinya.

Pakar Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Joko Nurkamto mengungkapkan, sedikitnya terdapat 8 standar yang harus dipenuhi dalam penerapan sistem zonasi PPDB 2019.

"Zonasi tidak masalah kalau 8 standar dipenuhi di antaranya standar kompetensi lulusan (SKL), standar isi, proses, penilaian," ungkapnya dilansir dari TribunSolo.com, Senin (24/6/2019).

"Selain itu juga perlu kualifikasi pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar penilaian dan pembiayaan," kata dia membeberkan.

VIRAL Demi Menuju Sekolah, Para Siswa Masuk Ke Dalam Plastik Untuk Seberangi Sungai

Ia mencontohkan dari sisi sarana prasarana, jika memang bagus maka pendidikan yang diberikan kepada siswa juga akan bagus.

Selanjutnya, untuk sistem laboratorium multimedia, dikatakannya, tidak seluruh sekolah mutunya bagus.

"Selain itu juga bagaimana kualitas guru dan kepala sekolah, intinya kalau bisa memenuhi delapan standar tersebut maka tidak masalah," tuturnya.

"Karena yang dikomplain orang tua itu kan anak pintar tetapi dapat sekolah yang jelek," kata Joko menegaskan.

Dia menambahkan, sistem zonasi juga berpengaruh kepada jumlah siswa yang terdaftar.

Hal tersebut karena kepadatan penduduk setiap daerah tidak sama, sehingga akhirnya berdampak pada jumlah siswa yang diperoleh sekolah tersebut.

"Ini beberapa kasus yang terjadi, kan ada daerah yang satu sekolah hanya dapat lima orang karena kepadatan penduduk di masing-masing zona berbeda," imbuh dia.

"Boleh jadi di satu sekolah targetnya tidak terpenuhi," katanya menekankan. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Sistem Zonasi PPDB 2019 Berpolemik, Pakar Pendidikan UNS : Ada 8 Standar yang Harus Dipenuhi

Editor: suharno
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved