Tak Hanya Tempat Wisata, Kenali 4 Kelenteng untuk Sembahyang di Sam Poo Kong Semarang

Sam Poo Kong merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kota Semarang yang terkenal dan sering menjadi jujukan para wisatawan baik asing maupun

Tak Hanya Tempat Wisata, Kenali 4 Kelenteng untuk Sembahyang di Sam Poo Kong Semarang
TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV
Deretan klenteng di Sam Poo Kong Kota Semarang yang digunakan untuk sembahyang. (TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sam Poo Kong merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kota Semarang yang terkenal dan sering menjadi jujukan para wisatawan baik asing maupun lokal.

Tempat yang terletak di daerah Simongan, Semarang Barat, itu juga biasa disebut Gedung Batu karena dulunya bentuknya seperti gua batu besar.

Bukan hanya menjadi lokasi wisata, bangunan yang asal-usulnya merupakan tempat persinggahan seorang Laksamana muslim Tiongkok Zheng He (Cheng Ho) itu juga menjadi tempat untuk sembahyang.

Salah satu yang biasa dilakukan pengunjung adalah Ciamsi, yaitu ritual membaca nasib atau meramal menurut tradisi Tiongkok kuno dan biasanya rutin dilakukan warga Tionghoa menjelang Imlek.

Total terdapat empat klenteng untuk sembahyang di Sam Poo Kong yang bisa dikunjungi, yaitu Klenteng Dewa Bumi (Tho Tee Kong), Klenteng Juru Mudi, Kelenteng Sam Poo Tay Djien dan Kelenteng Kyai Jangkar.

Di bagian paling utara komplek itu terdapat tempat pemujaan yang bernama Tho Tee Kong atau Toa Pek Kong yang disebut juga Baurekso Bumi.

Di sana, para penganut Kong Hu Cu dan Taoisme melakukan pemujaan kepada Dewa yang menguasai Bumi, yang juga disebut Fude Zhengshen (Hok Tek Ceng Sin).

“Karena Dewa Bumi yang memberi karunia dan kelangsungan hidup di Bumi.

Kalau orang Tionghoa biasanya meminta berkah dan kelancaran untuk usaha,” ungkap asisten Juru Kunci (Biokong) klenteng itu, Mujiono, Jumat (31/5/2019).

“Selain itu, kan ada orang Jawa juga, biasanya tujuannya macam-macam; rumah tangga dan pekerjaan misalnya.

Halaman
123
Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved