353 Peserta Ikuti Lomba MTQ Tingkat Kabupaten Pekalongan

Acara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar dan Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan resmi dibuka, Selasa (25/6/2019)

353 Peserta Ikuti Lomba MTQ Tingkat Kabupaten Pekalongan
TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Kepala Kemenag kabupaten Pekalongan Kasiman Mahmud Desky (kanan) menerima piala bergilir dari Kecamatan Kedungwuni yang menjadi juara umum MTQ pada tahun 2018. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Acara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar dan Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan resmi dibuka, Selasa (25/6/2019), di Islamic Center Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan Kasiman Mahmud Desky mengatakan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al quran.

Sedangkan tujuan dari pelaksanaan MTQ merupakan seleksi kegiatan di tingkat kabupaten Pekalongan yang akan diikut sertakan pada tingkat Provinsi.

"Saya berdiri disini mewakili Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, karena saat ini Bupati masih ada kunjungan dinas di Spanyol. Saya juga menyambut baik dan merasa bangga atas komitmen terhadap pembangunan etika moral spiritual serta mendukung Gerakan Revolusi Mental sebagai pondasi dalam membangun karakter masyarakat Wonosobo, khususnya generasi muda, sebagai generasi penerus perjuangan bangsa," kata Kasiman kepada Tribunjateng.com usai membuka lomba Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar dan Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan.

Menurutnya, MTQ merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kecintaan kepada Al Qur’an. Oleh karena itu kami mengajak untuk selayaknya lestarikan dan senantiasa dibudayakan ditengah masyarakat.

"Biasakanlah untuk belajar dan mempelajari isi kandungan Al Qur’an. Apalagi bagi pelajar, saya yakin bahwa mempelajari Al Qur’an akan membawa pencerahan hidup pada masa yang akan datang," jelasnya.

Kasian menambahkan nantinya dalam kegiatan ini selesai, ada perwakilan dari Kabupaten Pekalongan bisa menjadi juara umum di Provinsi.

"Sekitar Empat tahun ini, Kabupaten Pekalongan belum pernah kembali mengangkat piala juara umum tingkat Provinsi Jawa Tengah dan harapannya tahun ini Kabupaten Pekalongan bisa menjadi juara di Provinsi," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Kabupaten Pekalongan Trisno mengatakan lomba MTQ ini dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh 353 peserta baik dari pelajar dan umum.

"353 peserta itu diantaranya yaitu 288 dari pelajar dan 65 yaitu dari umum. Kemudian lomba ini diselenggarakan selama dua hari, hari Selasa dan Rabu," jelasnya.

Dia membenarkan bahwa selama kurang lebih lima tahun Kabupaten Pekalongan belum pernah kembali menjadi juara umum MTQ tingkat Provinsi.

"Memang kita belum kembali lagi menjadi juara umum. Tapi, pada tahun lalu kota menjadi juara satu tingkat perorangan. Harapannya wakil yang nanti juara dan dikirim ke tingkat provinsi bisa mengharumkan nama baik Kabupaten Pekalongan," imbuhnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved