561 Jamaah Haji Asal Karanganyar Ikuti Acara Pelepasan di Pendopo Karanganyar

Sebanyak 561 calon jamaah haji asal Kabupaten Karanganyar dilepas oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar

561 Jamaah Haji Asal Karanganyar Ikuti Acara Pelepasan di Pendopo Karanganyar
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat mengalungkan syal kepada perwakilan jamaah haji. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Bupati Karanganyar, Juliyatmono melepas 561 calon jamaah haji asal Kabupaten Karanganyar.

Acara pelepasan digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (25/6/2019).

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Karanganyar, Sunarno mengatakan, tahun tahun ini dari Kabupaten Karanganyar terdapat 557 jemaah.

Dalam pemberangkatannya, terbagi menjadi 3 kloter.

"Untuk kloter 3 jumlahnya 334 orang, kloter 4 ada 223 orang. Kemudian ditambah dari lansia dan pendamping sebanyak 4 orang, masuk kloter 96," katanya kepada Tribunjateng.com, Selasa (25/6/2019).

Sesuai jadwal semula, masing-masing kloter berangkat pada 6 Juli 2019, akan tetapi untuk kloter 96 jadwalnya masih menunggu dari pusat. Mereka akan tiba pada 18 Agustus 2019.

Ia berharap, para jamaah dapat menyesuaikan cuaca extream saat menjalankan ibadah haji.

"Di Karanganyar kan kebanyakan kondisinya dingin, insyaallah jamaah haji kita bisa menyesuaikan," ungkapnya.

Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Karanganyar, Siti Maesaroh mengatakan, jumlah 561 jamaah haji terbagi menjadi 2 kloter yakni kloter 3 dan 4.

Pemkab Karanganyar menyediakan 13 bus untuk mengangkut para jamaah haji. Kloter 3 menggunakan 8 bus, sedangkan kloter 4 menggunakan 5 bus.

"Kloter 3 masuk Asrama Haji Donohudan pada pukul 16.00, sedangkan kloter 4 masuk pada pukul 21.00," terangnya.

Sementara Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam arahannya menyampaikan, semoga dari keberangkatan hingga kepulangannya para jamaah haji dalam keadaan sehat wal afiat dan diberi kemudahan dalam menjalankan ibadah haji.

"Titip, Karanganyar didoakan supaya ayem tenterem, guyub rukun. Sesuai permintaan, para jamaah asal Colomadu tidak perlu datang ke Karanganyar Kota saat berkumpul sebelum berangkat. Jadi bisa langsung ke Asarama Haji Donohudan," tuturnya.

Ia meminta kepada para jamaah haji untuk menjadikan amalan dalam Q.S Surat Al-Imron ayat 133-134, sebagai bekal saat menjalankan ibadah haji.

Lima amalan itu yakni senang memohon ampun, senang bersedekah, menahan amarah, memaafkan kesalahan orang dan senang berbuat baik.(*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved