Cara Warga Nangkod Purbalingga Olah Kotoran Jadi Pupuk Organik, Produksi 20 Ton Perbulan

Warga Desa Nangkod, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga mulai mengembangkan produksi pupuk organik berbahan limbah kotoran dalam lima bulan

Cara Warga Nangkod Purbalingga Olah Kotoran Jadi Pupuk Organik, Produksi 20 Ton Perbulan
Tribun Jateng/ Khoirul Muzakki
Pupuk organik hasil olahan limbah yang diproduksi warga Desa Nangkod, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga 

Warga Desa Nangkod, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga mulai mengembangkan produksi pupuk organik berbahan limbah kotoran dalam lima bulan terakhir.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG COM, PURBALINGGA - Di desa yang masih melimpah pakan hewan, tak sulit menemukan warga yang mengembangkan usaha peternakan.

Tak ayal, selain bertani, banyak masyarakat desa yang memelihara hewan ternak semisal kambing atau sapi. Tujuannya tentu saja, untuk menambah penghasilan keluarga selain mengandalkan hasil panen.

Seiring dengan banyaknya populasi hewan ternak, limbah kotoran ternak pun melimpah. Sayang, tidak semua warga mampu memanfaatkan kotoran ternak itu sehingga bernilai guna.

Padahal, sektor peternakan ini terkait erat dengan pengembangan usaha pertanian warga. Keduanya saling bergantung.

Limbah pertanian bisa dimanfaatkan untuk pakan alami ternak. Sebaliknya, kotoran ternak yang sudah diolah bisa dimanfaatkan untuk mendukung usaha pertanian sebagai pupuk alami.

Ikhtiar ini yang pula dilakukan warga Desa Nangkod, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Mereka mulai mengembangkan produksi pupuk organik berbahan limbah kotoran dalam lima bulan terakhir.

Ketua II Kelompok Tani Bina Sejahtera, Kusmi Haryanto, mengatakan, pembuatan pupuk organik tersebut merupakan inisiatif anggota.

Mereka melihat bahan baku berupa limbah kotoran melimpah sehingga tergerak untuk mengolahnya.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved