Hadapi Bencana Kemarau, Satpol PP Salatiga Latih Puluhan Tagana

“Jumlah peserta berjumlah 55 orang terdiri dari kelompok masyarakat dari Kecamatan Sidorejo,” katanya

Hadapi Bencana Kemarau, Satpol PP Salatiga Latih Puluhan Tagana
Tribunjateng.com/M Nafiul Haris
Puluhan anggota Tagana mengikuti pelatihan kebencaan oleh Satpol PP Kota Salatiga di Lapangan Pancasila, Selasa (25/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Menghadapi musim kemarau yang rawan terjadi kekeringan maupun kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Salatiga menggelar pelatihan penanganan bencana kepada puluhan anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Kasi Penanganan Bencana Satpol PP Kota Salatiga Saryono mengatakan pelatihan yang ada melibatkan unsur pemadam kebakaran, kemudian Palang Merah Indonesia (PMI, dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga.

“Beberapa unsur itu yang memberikan materi kepada sejumlah peserta selama tiga hari kedepan,” terangnya kepada Tribunjateng.com, di Lapangan Pancasila, Selasa (25/6/2019)

Saryono menerangkan, beberapa materi selama pelatihan disertai dengan simulasi seputar teknis penanganan bencana mulai dari pertolongan terhadap korban, pemadaman kebakaran jika musibah itu berupa kebakaran.

Ia menambahkan, pelatihan tersebut merupakan program tahunan Satpol PP sebagai langkah mendeteksi dini terjadinya kebencanaan mendekati musim kemarau karena rawan adanya kekeringan maupun kebakaran.

“Jumlah peserta berjumlah 55 orang terdiri dari kelompok masyarakat dari Kecamatan Sidorejo,” katanya

Dikatakannya, mengacu peristiwa kebencanaan pada tahun lalu daerah Kelurahan Kumpulrejo, dan Randuacir rawan terjadi kekeringan. Sedang wilayah dengan kerawanan adanya kebakaran yang menjadi perhatian adalah kawasan padat penduduk.

“Tahun kemarin 2018 terjadi kebakaran sekira 5-10 kejadian. Kalau kekeringan pada daerah atas seperti Kumpulrejo dan Randuacir,” jelasnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved