Bimbingan Manasik Haji Kota Tegal, Jumadi: Menunaikan Ibadah Haji Sesuatu yang Amat Dirindukan

Kegiatan Bimbingan manasik haji ini bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan bimbingan manasik haji kepada para jamaah calon haji Kota Tegal.

Bimbingan Manasik Haji Kota Tegal, Jumadi: Menunaikan Ibadah Haji Sesuatu yang Amat Dirindukan
IST
Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Tegal 2019 dibuka Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, ST. MM, Senin (24/6/2019) di Gedung Arofah, Kecamatan Tegal Timur. 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Tegal tahun 1440 Hijriah/2019 Kantor Kementerian Agama Kota Tegal yang direncanakan berlangsung selama dua hari dari tanggal  24 Juni sampai dengan 25 Juni 2019 resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, ST. MM, Senin (24/6/2019) di Gedung Arofah, Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.

Kegiatan Bimbingan manasik haji ini, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan bimbingan manasik haji kepada para jamaah calon haji Kota Tegal tahun 1440 Hijriah/2019 dalam rangka melaksanakan ibadahnya biar berhasil dengan baik dan sempurna serta diharapkan kembali ke kampung halaman dengan predikat haji mabrur.

“Ini akan terasa sekali ketika bapak Ibu tidak ber KBIH maka bimbingan saat saat ini sangat bermanfaat sekali, bimbingan kali ini InsyaAllah cukup untuk jadi bekal” ucap Farhan.

Sementara itu disampaikan oleh Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, ST. MM bahwa kegiatan manasik haji ini adalah kesempatan utuk menimba wawasan, pengetahuan serta bekal sikap perilaku yang mestinya lakukan di tanah suci, selama menjalankan ibadah haji.

“Untuk menunaikan ibadah haji yang baik, dan benar ada tuntunannya, maka ikuti manasik dengan baik dan seksama, sehingga nantinya dalam melaksanakan ibadah ditanah suci dapat berjalan lancar, sehat dan menjadi haji yang mabrur,” ucap Jumadi.

Jumadi juga menambahkan bahwa menunaikan ibadah haji adalah sesuatu yang amat dirindukan oleh setiap umat islam, bahkan oleh yang telah menunaikannya berkali-kali sekalipun.

Karena itu, bagi yang dimudahkan allah untuk bisa menunaikan ibadah haji tahun ini, agar menggunakan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya.

Sebab, belum tentu kesempatan menunaikan ibadah haji itu datang kembali.

Agar bisa beribadah haji dengan sebaik-baiknya, sekhusyu'-khusyu'nya dan menjadi haji mabrur, di samping harus ikhlas kita harus memiliki ilmu yang cukup seputar bagaimana menjalankan ibadah haji sesuai dengan tuntunan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Kegiatan manasik juga diharapkan para calon jamaah haji dapat saling mengenal dan mengakrabkan diri satu dengan yang lain.

Beberapa materi berupa hukum-hukum dalam ibadah haji, denah masjidil haram, sampai dengan panduan perjalanan yang mendetail dijabarkan dengan rapi dan jelas untuk memudahkan para calon jamaah haji oleh pembimbing manasik nantinya.

“saya berpesan kepada bapak ibu peserta bimbingan manasik haji atau calon haji untuk segera mempersiapkan diri mulai dari saat ini, baik mental maupun rohani, membersihkan hati, bertaubat, menyambung silaturahmi, membayar hutang, berbekal harta yang halal, lebih memperdalam ilmu agama, rajin mengikuti manasik haji, memantapkan niat untuk menunaikan ibadah haji, dan yang tak kalah pentingnya adalah senantiasa menjaga kesehatan,” pesan Jumadi di hadapan para jamaah calon haji Kota Tegal. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved