Komisioner Bawaslu Pati : Pengawas Pemilu yang Buta Aturan Ibarat Macan Ompong

Pemahaman terhadap regulasi merupakan kebutuhan dasar bagi Pengawas Pemilu.

Komisioner Bawaslu Pati : Pengawas Pemilu yang Buta Aturan Ibarat Macan Ompong
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Bawaslu Pati mengadakan Rapat Koordinasi Evaluasi Internal dengan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan se-Kabupaten Pati di Muria Ballroom The Safin Hotel, Rabu (26/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Pemahaman terhadap regulasi merupakan kebutuhan dasar bagi Pengawas Pemilu.

Selain sebagai "kitab suci" bagi pengawas, regulasi juga merupakan alat untuk mencegah, mengawasi, menindak, dan menyelesaikan sengketa Pemilu.

Hal tersebut disampaikan Komisioner Bawaslu Pati Achwan dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Internal dengan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan se-Kabupaten Pati di Muria Ballroom The Safin Hotel, Rabu (26/6/2019).

"Bisa kita bayangkan betapa butanya pengawas dalam melakukan kerja-kerja pengawasan jika mereka tidak memahami regulasi," ungkap Achwan.

Achwan menyebut, selain regulasi tentang teknis penyelenggaraan pemilu, pengawas juga harus memahami regulasi penanganan pelanggaran.

Menurutnya, jika buta terhadap teknis penyelenggaraan, pengawas ibarat macan ompong yang hanya bisa mengiyakan dan memaklumi apa yang dilakukan peserta pemilu, masyarakat, maupun penyelenggara pemilu sekalipun apa yang mereka lakukan sebenarnya sebuah dugaan pelanggaran yang patut dicegah ataupun ditindak.

Menurutnya, buta terhadap regulasi penanganan dapat berujung protes, bahkan tuntutan balik terhadap apa yang telah kerjakan.

“Evaluasi kami dalam hal ini adalah, pada berbagai kesempatan supervisi ke Panwascam, kami masih sering mendapati tidak adanya kitab suci itu di meja Panwascam, baik itu UU, Perbawaslu, PKPU, maupun peraturan perundang-undangan lainnya," ujarnya.

Selain itu, dalam evaluasi yang ia sampaikan, Achwan juga menyebut, sering muncul pertanyaan dari Panwascam terkait sesuatu hal yang sebenarnya sudah jelas diatur dalam regulasi.

"Regulasi memang sangat dinamis dan cepat berubah.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved