Bagi-bagi Sarung saat Kampanye, Caleg Gerindra Divonis Penjara 6 Bulan

Seorang caleg Gerindra untuk DPRD Sulawesi Barat dari Dapil Sulbar IV, Kabupaten Mamuju Tengah, Haris Halim Sindring divonis enam bulan penjara

Bagi-bagi Sarung saat Kampanye, Caleg Gerindra Divonis Penjara 6 Bulan
KOMPAS.com/JUNAEDI
Caleg DPRD Sulawesi Barat dari Dapil Sulbar IV, Kabupaten Mamuju Tengah, Haris Halim Sindring divonis enam bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Mamuju, Kamis (27/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, POLEWALI MANDAR – Seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Gerindra untuk DPRD Sulawesi Barat dari Dapil Sulbar IV, Kabupaten Mamuju Tengah, Haris Halim Sindring divonis enam bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Mamuju, Kamis (27/6/2019).

Haris dinyatakan terbukti bersalah melanggar Undang-undang Pemilu, karena secara tidak langsung membagikan 17 lembar sarung dan kartu nama kepada masyarakat untuk mempengaruhi indpendensi pemilih di hari terakhir masa kampanye dalam pileg 17 April lalu.

Haris yang juga politisi Partai Gerindra Sulawesi Barat ini divonis enam bulan penjara dengan masa percobaan selama dua tahun oleh majelis hakim.

Vonis tersebut sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum.

Menanggapi vonis itu, Haris menyatakan banding. Haris merasa tidak puas lantaran menilai dirinya tidak bersalah karena tidak pernah meminta orang untuk membagikan sarung agar memilih dirinya.

Apa lagi yang membagikan sarung beserta kartu namanya tidak masuk dalam tim pemenangannya.

Kuasa hukum Haris, Bustaman menilai semua bukti-bukti dan fakta persidangan tidak ada yang secara langsung menunjuk kliennya melakukan pelanggaran pemilu.

“Langsung menyatakan banding. Semua fakta dan bukti-bukti dalam persidangan tidak ada yang menunjuk langsung klien kami,” jelas Bustamin.

Haris merupakan anggota DPRD Sulawesi Barat yang masih aktif periode 2014-2019.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terbukti Bagi-bagi Sarung saat Kampanye, Politisi Gerindra Divonis 6 Bulan Penjara"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved