Bukti Data PPDB 2019 di Kendal, Santoso: Lulusan SMP Lebih Berminat ke SMK Daripada SMA

Sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK di Kabupaten Kendal, banyak SMA yang mengalami hal sama pada PPDB SMP 2019.

Bukti Data PPDB 2019 di Kendal, Santoso: Lulusan SMP Lebih Berminat ke SMK Daripada SMA
ISTIMEWA
ILUSTRASI tes buta warna sebagai tahapan verifikasi berkas pendaftaran seperti yang dilakukan di SMK Negeri 2 Kendal. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK di Kabupaten Kendal, banyak SMA yang mengalami hal sama pada PPDB SMP 2019.

Tak sedikit sekolah mengalami kekurangan calon peserta didik yang mendaftar.

Dari 14 SMA Negeri di Kabupaten Kendal, 10 sekolah di antaranya daya tampung masih sisa dibandingkan jumlah calon peserta didik yang melakukan verifikasi berkas.

Hal itu berbanding terbalik dengan kondisi PPDB SMK Negeri di Kabupaten Kendal.

Seluruh SMK Negeri di Kabupaten Kendal kelebihan jumlah calon peserta didik yang melakukan verifikasi berkas dibandingkan jumlah daya tampung tiap SMK.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan XIII Provinsi Jawa Tengah, Santoso mengatakan, para lulusan SMP di Kabupaten Kendal lebih meminati SMK dibandingkan SMA.

Hal itu terbukti pendaftar SMK membludak.

"Pada PPDB SMA, Gubernur Jawa Tengah melakukan penyesuaian yang tidak menyimpang Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPDB 2019," katanya, Kamis (27/6/2019).

Yakni, lanjutnya, memberikan jalur zonasi prestasi sebesar 20 persen dari daya tampung sekolah agar mengakomodir para siswa berprestasi yang masih dalam satu zona

Menurutnya, bagi sekolah yang kekurangan siswa akan mendapatkan limpahan siswa dari sekolah yang telah memenuhi daya tampung.

Halaman
12
Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved