Bupati Semarang Mundjirin Ajak Lansia Terus Berkarya

Bupati Semarang, Mundjirin mengajak para warga lanjut usia (lansia) untuk terus berkarya di tengah masyarakat. Berbagai pengalaman hidup

Bupati Semarang Mundjirin Ajak Lansia Terus Berkarya
Tribun Jateng/Amanda Rizqyana
Bupati Semarang Mundjirin 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN -- Bupati Semarang, Mundjirin mengajak para warga lanjut usia (lansia) untuk terus berkarya di tengah masyarakat. Berbagai pengalaman hidup yang telah dijalani dapat ditularkan sebagai suri tauladan yang baik bagi generasi muda.

Hal tersebut disampaikan Mundjirin pada acara Sarasehan Bersama Kelompok Warga Lanjut Usia dalam rangka peringatan Hari Lansia Nasional tingkat Kabupaten Semarang yang bertajuk Lansia Sehat, Mandiri, dan Sejatera di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang

“Jangan berhenti untuk berkarya. Berikan sumbangsih dan partisipasi untuk mendukung pembangunan daerah. Pengalaman berkarya saat usia produktif dapat menjadi contoh baik bagi generasi penerus,” katanya pada Kamis (27/6) siang.

Menurut Mundjirin, pengalaman berkarya para warga lansia dapat menjadi pelajaran berharga bagi pelaksana dan pengambil kebijakan kepentingan saat ini.

Sehingga tidak ada alasan bagi warga lansia untuk berhenti berkarya hanya karena sudah tidak bertenaga. Sekretaris Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Semarang Sri Sunariningsih Rismonowati menjelaskan kegiatan sarasehan merupakan rangkaian peringatan Hari Lansia Nasional tingkat Kabupaten Semarang tahun 2019.

Sarasehan menghadirkan pembicara utama Dr. dr. Probosuseno, Pakar dan Kepala Klinik Geriartri Rumah Sakit dr Sardjito Yogyakarta sekaligus dosen pengajar di Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta.

“Harapannya, kegiatan itu dapat menjadikan warga Lansia menjadi mandiri, sehat dan sejahtera,” tambah Mundjirin.

Sebelumnya acara saresehan lansia ini, Pemerintah Kabupaten Semarang telah mengadakan pembagian sembako gratis kepada 800 warga lansia di beberapa desa binaan Komda Lansia.

Ada pula kegiatan senam sehat massal di Banyubiru pada akhir pekan lalu yang diikuti seribuan lebih warga lansia. Melalui kegiatan ini, Mundjirin berharap warga lansia menjadi mandiri, sehat, dan sejahtera.

Ia pun mengajak segenap komponen daerah untuk bersinergi mendukung pembangunan kehidupan warga lansia. Salah satunya dengan melakukan upaya menjaga semangat mereka untuk terus berkarya. Dengan demikian, para warga lansia tetap bersemangat menjaga kesehatan agar tetap beraktifitas.

“Hal itu diharapkan dapat memperpanjang usia harapan hidup mereka. Sekaligus menjadikan mereka sejahtera,” tambahnya lagi.

Disebutkan, pada tahun 2010, angka usia harapan hidup (UHH) warga Kabupaten Semarang tercatat 67,4 tahun. Angka itu diperkirakan akan meningkat menjadi 71,1 pada tahun 2020 seiring dengan peningkatan kesejahteraan para warga lanjut usia.

“Kita berharap dukungan yang kita berikan dapat menjadikan para warga lansia itu mampu mandiri, sehat dan menjalankan fungsi sosialnya di tengah keluarga dan masyarakat dengan baik,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, diinformasikan bahwa Komda Lansia Kabupaten Semarang telah meluncurkan kampung lansia yakni di Desa Gedong Banyubiru sebagai desa binaan. (arh)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved