Perkenalkan Tugas Kepolisian, Bintara Baru Polres Blora Dilatih Dalmas dan Bela Diri

Satuan Sabhara Polres Blora melatih pengendalian massa (Dalmas) terhadap 12 Bintara Remaja yang baru dilantik awal tahun 2019, di halaman Mapolres, Se

Perkenalkan Tugas Kepolisian, Bintara Baru Polres Blora Dilatih Dalmas dan Bela Diri
Humas Polres Blora
Satuan Sabhara Polres Blora melatih pengendalian massa (Dalmas) terhadap 12 Bintara Remaja yang baru dilantik awal tahun 2019, di halaman Mapolres, Selasa (8/8/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Satuan Sabhara Polres Blora melatih pengendalian massa (Dalmas) terhadap 12 Bintara Remaja yang baru dilantik awal tahun 2019, di halaman Mapolres, Selasa (8/8/2017). 

Kegiatan tersebut dipimpin Kanit Dalmas Bripka Heriyanto dan Bripka Suyono, diikuti anggota Sabhara lainya yang lebih senior.

“Dalmas merupakan kegiatan yang dilakukan oleh satuan Polri dalam rangka menghadapi massa pengunjuk rasa atau demonstrasi. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan sehingga manakala dibutuhkan anggota bintara remaja ini telah siap,” kata Bripka Heriyanto.

Ia mengungkapkan, dalam kesempatan ini kepada para Bintara remaja sebelum melaksanakan latihan Dalmas sekaligus dikenalkan peralatan yang digunakan pada saat Dalmas Lanjut. Di antaranya adalah adanya tameng, tongkat, helem, Body Protektor, Aphar dll.

“Dengan pengenalan ini diharapkan saat penggunaan sebenarnya dilapangan bisa maksimal untuk melindungi petugas dan meminimalisir adanya korban maupun kerugian materil lainya yang bisa ditimbulkan saat terjadinya aksi unjuk rasa yang sebenarnya,” terangnya.

Selain dilatih Dalamas, mereka juga menjalani latihan beladiri Polri untuk mempertahankan diri dari serangan pihak lain dengan menggunakan teknik-teknik menghindar, menangkis dan bila perlu menyerang balik hingga melumpuhkan lawan.

Bela diri polri dinilai sangatlah penting, karena melihat situasi dalam pelaksanakan tugas kepolisian sangat dekat dengan hal-hal yang membahayakan diri anggota.

Oleh karena itu, setiap anggota harus dibekali kemampuan bela diri untuk melindungi dirinya maupun orang lain guna menghindari adanya korban.

Latihan juga bertujuan untuk memelihara kemampuan yang sudah dimiliki oleh setiap anggota, sehingga tercipta rasa percaya diri.

Diharapkan setiap individu anggota dapat melaksanakan tugas dengan baik dan mampu melindungi dirinya maupun orang lain yang memerlukan bantuan.(*)

Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved