Tarwadi Merasa Dibohongi Manajemen Pabrik Sepatu Adidas, Janji Tali Asih Tak Pernah Diberikan

Tarwadi mengatakan, dirinya sudah 5 tahun selalu mengalami gagal panen tanaman padi di sawahnya yang berada tepat di sisi kiri pabrik.

Tarwadi Merasa Dibohongi Manajemen Pabrik Sepatu Adidas, Janji Tali Asih Tak Pernah Diberikan
TRIBUN JATENG/M ZAINAL ARIFIN
Warga menyampaikan tuntutan dalam audiensi dengan manajemen PT BIG di Balai Desa Tengguli, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Kamis (27/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Puluhan warga Desa Tengguli, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, beraudiensi dengan manajemen perusahaan produsen sepatu, PT Bintang Indokarya Gemilang (BIG), di balai desa setempat, Kamis (27/6/2019).

Audiensi tersebut merupakan yang keempat kalinya dilakukan terkait tuntutan warga yang meminta ganti rugi lahan pertanian terdampak pembangunan pabrik.

Selain itu, juga terkait keterserapan warga sekitar sebagai tenaga kerja, penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR), dan persoalan katering karyawan.

Seorang warga, Tarwadi mengatakan, dirinya sudah 5 tahun selalu mengalami gagal panen tanaman padi di sawahnya yang berada tepat di sisi kiri pabrik.

Penyebabnya, katanya, karena tembok pembatas pabrik terlalu mepet dengan lahannya sehingga menghilangkan saluran irigasi.

"Akibatnya, air selalu merendam tanaman padi saya hingga mati. Karena tidak ada saluran irigasi, air khususnya saat musim hujan, menggenang tak bisa mengalir," katanya.

Kondisi tersebut dialaminya sejak 5 tahun lalu atau sejak pabrik sepatu merk Adidas itu beroperasi.

Akibatnya, Tarwadi pun mengalami kerugian yang tak sedikit tiap tahunnya.

"Setiap tanam, selalu gagal panen. Padahal sekali tanam kerugian bisa lebih dari Rp 5 juta untuk sawah saya. Ini sudah 5 tahun," ucapnya.

Kondisi tersebut sudah pernah dibicarakan dengan pihak manajemen perusahaan PT BIG.

Halaman
1234
Penulis: m zaenal arifin
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved