Viral Meme Lamaran Minimal Mobil di Pati, Benarkah? Ini Tanggapan Kepala KUA Pati

Abdul Mukid menegaskan kembali, seserahan hanyalah bagian dari adat yang tidak menentukan sah tidaknya pernikahan

Viral Meme Lamaran Minimal Mobil di Pati, Benarkah? Ini Tanggapan Kepala KUA Pati
Tribunjateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Pati Abdul Mukid ketika ditemui di kantornya, Kamis (27/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Belum lama ini, beredar di media sosial sebuah meme berupa gambar laman berita online yang menampilkan judul berita kontroversial.

Judul berita dalam meme tersebut ialah "Mulai Bulan Depan Lamaran Minimal Mobil Diterapkan di Pati Jateng".

Dalam meme berita online yang menampilkan foto prosesi akad nikah tersebut tertulis tanggal unggah Jumat 21 Juni 2019 pukul 13.38 WIB.

Meme tersebut beredar setelah beberapa kali muncul pemberitaan mengenai seserahan lamaran berupa mobil yang diberikan calon mempelai pria kepada calon mempelai perempuan di Pati.

Jika ditelusuri di mesin pencari, tidak ditemukan laman berita apa pun yang menulis berita dengan judul sebagaimana dalam meme tersebut.

Untuk mencegah adanya pihak yang menganggap serius dan mempercayai meme tersebut sebagai berita valid, Tribunjateng.com menemui Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pati Abdul Mukid untuk meminta penjelasan.

"Tidak ada aturan itu. Seserahan tidak termasuk syarat maupun rukun nikah. Sifatnya tidak wajib. Itu, kan, cuma adat masyarakat saja. Itu tidak menentukan sah tidaknya pernikahan," tegasnya ketika ditemui di kantornya, Kamis (27/6/2019).

Abdul Mukid menjelaskan, yang wajib diberikan oleh mempelai pria adalah mahar. Adapun seserahan lamaran sifatnya tidak wajib.

Mengenai mahar yang hukumnya wajib saja, lanjutnya, pemerintah tidak mengatur. Apalagi seserahan yang hukumnya tidak wajib.

"Pemerintah mengatur persyaratan pernikahan sesuai masing-masing agama. Tapi tidak ada aturan mengenai apa mahar yang diberikan. Yang penting bermanfaat," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved