Fenomena Embun Es, Ribuan Wisatawan Serbu Candi Arjuna hingga Jalanan Macet

Kemunculan embun es ini bertepatan dengan libur akhir pekan yang menjadi puncak keramaian pengunjung di Dieng.

Fenomena Embun Es, Ribuan Wisatawan Serbu Candi Arjuna hingga Jalanan Macet
Tribun Jateng/K Muzakki
Wisatawan memadati area Candi Arjuna Dieng, Sabtu (29/6/2019. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Embun es yang muncul terus menerus di Dieng dalam dua pekan terakhir ini berhasil menyedot kunjungan wisatawan ke Dieng.

Jarang-jarang, embun es yang membuat pemandangan mirip salju itu muncul berturut-turut dalam beberapa hari.

Pagi akhir pekan ini pun, Sabtu (28/6/2019), fenomena embun es dikabarkan kembali menyelimuti sebagian kawasan Dieng. Kemunculan embun es ini bertepatan dengan libur akhir pekan yang menjadi puncak keramaian pengunjung di Dieng.

Tak ayal, wisatawan yang terlanjur menginap di Dieng untuk berjumpa dengan embun es tak dibuat kecewa. Mereka bisa menyaksikan langsung fenomena indah yang langka itu.

Meski konsekuensinya, mereka harus rela terkena macet karena banyak wisatawan yang ingin menuju tempat sama, komplek Candi Arjuna. Sejak pagi buta, sekitar pukul 05.30 Wib, tempat wisata itu sudah dipadati pengunjung yang ingin berburu embun es di lapangan candi.

Komplek candi menjadi spot favorit untuk menyaksikan fenomena embun es karena daerahnya yang rata dan dikelilingi hamparan rerumputan hijau.

"Daerah candi macet total, sampai Telaga Balaikambang, lihat salju,"kata Ketua Paguyuban Homestay Dieng Kulon Fortuna Dyah Setyowati

Banyak wisatawan sengaja ke Dieng bukan semata untuk mengunjungi objek wisata yang ada, namun juga melihat fenomena embun es yang beritanya viral di berbagai media.

Tak ayal, homestay di Dieng akhir-akhir ini kerap penuh terisi wisatawan. Wajar saja hari ini Dieng dipadati wisatawan hingga kunjungan ke candi membeludak. Hari ini, Sabtu (29/6/2019), kata Fortuna, semua homestay di Dieng Kulon penuh terisi wisatawan.

Melihat okupansi homestay yang tinggi akhir pekan ini, Fortuna memprediksi, besok pagi, Minggu (30/6/2019), juga akan terjadi kepadatan pengunjung yang ingin berburu embun es di komplek candi.

Meski belum tentu, esok pagi, fenomena alam itu akan muncul kembali karena datangnya sulit diprediksi.

Tidak hanya akhir pekan ini rupanya, animo masyarakat untuk berburu embun es masih berlanjut pada akhir pekan depan. Nyatanya, menurut Fortuna, rata-rata homestay di Dieng Kulon pun sudah penuh dipesan wisatawan untuk akhir pekan depan.

Keramaian pengunjung di Dieng ini diperkirakan sampai perhelatan akbar Dieng Culture Festival (DCF) awal Agustus mendatang. Pada momentum itu, rata-rata homestay di Dieng pun telah full booking.

"Tanggal 6 Juli juga full booking," katanya.(*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved