KPU Temanggung Siap Hadapi PHPU Tiga Parpol di MK, Terkait Selisih Hasil Suara Pemilu

KPU Kabupaten Temanggung bersiap menghadapi permohonan penyelesaian perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Ko‎nstitusi (MK).

KPU Temanggung Siap Hadapi PHPU Tiga Parpol di MK, Terkait Selisih Hasil Suara Pemilu
Yayan Isro Roziki
Ketua KPU Temanggung, M Yusuf Hasyim. 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - ‎KPU Kabupaten Temanggung bersiap menghadapi permohonan penyelesaian perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Ko‎nstitusi (MK).

Saat ini, KPU telah menyiapkan berbagai alat bukti untuk menghadapi permohonan yang diajukan oleh beberapa partai politik (parpol) itu.

"Ada permohonan dari beberapa parpol, terkait penghitungan suara untuk kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), daerah pemilihan (Dapil) VI," kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung, M Yusuf Hasyim, Minggu (30/6/2019).

Diketahui, Temanggung termasuk kabupaten yang masuk dalam Dapil VI, untuk pemilihan calon anggota legislatif (caleg) DPR RI.

"Ada tiga partai yang mengajukan permohonan di MK, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ‎(PDIP), Partai Berkarya, dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem)," tuturnya.

Dituturkan lebih lanjut, sengketa adalah masalah selisih suara di beberapa tempat pemungutan suara (TPS).

Dikatakan, menurut pemohon ada selisih suara berdasarkan perhitungan mereka, ada yang kurang dan ada yang suaranya lari ke calon lain.

Menurut dia, berdasarkan informasi ‎yang diterima dari KPU Provinsi Jateng, pembuktian dilaksanakan pada 3-5 Juli 2019 mendatang.

Dituturkannya, pada dasarnya KPU Temanggung sudah mempersiapkan diri.

"Kami akan melengkapi alat bukti yang diperlukan, tapi kami masih menunggu instruksi ‎KPU Jateng, terkait alat bukti apa saja yang perlu dibawa ke Jakarta," urai Yusuf.

Halaman
12
Penulis: yayan isro roziki
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved