Sanggar Greget dan Radjawali SCC Gelar Tari Penyajian Untuk Warga Kota Semarang

Yoyok menjelaskan seseorang tak bisa lepas begitu saja dari lingkaran kebudayaan. Baginya, budaya membentuk karakter seseorang dalam kehidupannya.

Sanggar Greget dan Radjawali SCC Gelar Tari Penyajian Untuk Warga Kota Semarang
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Penari Sanggar Greget Semarang sedang melakukan pertunjukkan tari yang bertajuk 'Penyajian' di gedung Radjawali SCC, Sabtu (29/6) malam. Pertunjukkan ini sebagai wujud melestarikan seni budaya tari di Kota Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - "Kebudayaan merupakan satu di antara dasar landasan kehidupan sebuah bangsa. Tanpa ngugemi budaya, masyarakat akan berkembang tanpa arah dan tujuan jelas".

Hal tersebut diungkapkan pengasuh Sanggar Greget Semarang, Yoyok Bambang Priyambodo, saat menghelat gelaran tari bertajuk 'Penyajian' di gedung Radjawali Semarang Convention Center, Jalan Kapten Piere Tendean no 32, Semarang.

Yoyok menjelaskan seseorang tak bisa lepas begitu saja dari lingkaran kebudayaan.

Baginya, budaya membentuk karakter seseorang dalam kehidupannya. Satu di antaranya adalah kesenian.

"Kesenian memiliki esensi yang sangat luas sekaligus personal, namun terukur. Saat kita mempelajari kesenian, kita memahami bagaimana sebuah tatanan berlaku dalam masyarakat," katanya, Sabtu (29/6) malam.

Yoyok mencontohkan, beberapa suguhan tari yang disajikan dalam pertunjukkan seperti Tari Lurik, Tari Topeng, Tari Bedaya Sangghita Anjali, dan Tari Mburu Peksi.

Menurutnya, tarian-tarian tersebut diciptakan berdasar rasa dan karsa yang dilandasi budaya.

Dia menilai setiap tari hadir sebagai bagian yang utuh secara filosofis dan estetis.

"Karya yang diciptakan diilhami berdasar pemahaman akan budaya, alam sekitar, perilaku, dan keilahian. Contoh lainnya, Tari Semut, Tari Gajah, bentuk sajian yang mengambil esensi dari binatang," terang dia.

Halaman
123
Penulis: faisal affan
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved