Sudah 4 Kali Pilkades Serentak di Boyolali Gunakan E-Voting, Operasikan Ratusan Komputer

Sejumlah 228 desa di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah telah menggelar pemilihan kepala desa ( pilkades) serentak, Sabtu (29/6/2019).

Sudah 4 Kali Pilkades Serentak di Boyolali Gunakan E-Voting, Operasikan Ratusan Komputer
TribunSolo.com/Ryantono
Suasana Pilkades Butuh, Kecamatan Mojosongo, kabupaten Boyolali, Sabtu (29/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BOYOLALI - Sejumlah 228 desa di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah telah menggelar pemilihan kepala desa ( pilkades) serentak, Sabtu (29/6/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa Dispermasdes Boyolali Candra Irawan mengatakan, dari 228 desa yang menggelar pilkades serentak, 69 desa di antaranya menggunakan sistem electronic voting ( e-voting).

Menurut Candra, pilkades dengan menggunakan sistem e-voting sudah yang keempat kalinya diselenggarakan di Boyolali.

Jumlah desa yang menggunakan sistem e-voting tersebar di beberapa kecamatan, paling banyak di Kecamatan Karanggede dan Mojosongo.

"Ini yang keempat kalinya kita menggelar pilkades dengan menggunakan sistem e-voting," kata Candra.

Pihaknya mengatakan telah menyosialisasikan tahapan pilkades kepada masyarakat, yaitu dengan menggelar simulasi sistem e-voting di setiap desa.

Simulasi pilkades tersebut dilakukan dengan tujuan agar masyarakat mengetahui tahapan pilkades sistem e-voting.

"Simulasi ini ada yang dilakukan per dukuh hingga di level RT/RW. Jadi, sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa. Ada 200-an perangkat komputer yang kita sediakan untuk pilkades sistem e-voting," terangnya.

Ketua panitia Pilkades Desa Bendosari, Sawit, Boyolali, Sudarsono mengatakan, Pilkades Bendosari telah menggunakan sistem e-voting.

Supaya masyarakat tidak merasa kesulitan saat memilih, pihaknya memasang spanduk alur e-voting lengkap dengan foto calon kepala desa.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved