5.680 RTM di Kabupaten Pekalongan Akan Terima Bantuan Bibit Ayam dari Kementan

Sebanyak 5.680 Rumah Tangga Miskin di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah akan menerima bantuan bibit ayam dari Kementerian Pertanian Republik

5.680 RTM di Kabupaten Pekalongan Akan Terima Bantuan Bibit Ayam dari Kementan
TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat memberikan sambutan di rapat koordinasi dan sosialisasi Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera atau BEKERJA yang digelar di Aula lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan, Senin (01/07/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Sebanyak 5.680 Rumah Tangga Miskin di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah akan menerima bantuan bibit ayam dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumberdaya Genetika Pertanian.

Bantuan bibit ayam ini merupakan Program Bedah Kemiskinan Paket Sejahtera (Bekerja) yang digagas Kementerian Pertanian (Kementan).

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan program BEKERJA diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan, khususnya bagi rumah tangga miskin berbasis pertanian di wilayah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

"Tujuan bantuan ini, supaya rumah tangga miskin bisa meningkat kehidupannya, dan diharapkan bisa terbebas dari daftar rumah tangga miskin," kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi kepada Tribunjateng.com usai membuka rapat koordinasi dan sosialisasi Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera atau BEKERJA yang digelar di Aula lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan, Senin (01/07/2019).

Menurut Asip ada tiga kecamatan Kabupaten yang akan menerima bantuan dari pemerintah pusat. Tiga kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Paninggaran, Lebakbarang, dan Kesesi.

"Bahkan program ini hanya diberikan di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Tegal," jelasnya

Asip menambahkan bantuan ini, akan mendorong jiwa wirausaha masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Bantuan tidak diberikan begitu saja, namun diberikan pendampingan.

"Jika program ini berhasil, bukan tidak mungkin Kabupaten Pekalongan bisa menjadi lumbung ayam," imbuhnya.

Sementara itu, Ir. Ida Purbani dari Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumberdaya Genetika Pertanian mengatakan, bahwa program BEKERJA diluncurkan oleh Kementrian Pertanian pada tahun 2018.

Kemudian, melalui Permentan menugaskan Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumberdaya Genetika Pertanian menjadi penanggung jawab program tersebut dibeberapa Kabupaten salah satunya di Kabupaten Pekalongan.

"Bantuan yang akan disalurkan tersebut adalah sebanyak 50 ekor ayam untuk tiap rumah tangga miskin, termasuk 150 kilogram pakan, paket vitamin dan disinfektan, serta bantuan kandang," jelasnya.

Ida menjelaskan nantinya, para penerima bantuan tersebut akan mengembangkan bantuan yang didapatkannya.

"Dalam arti, ayam-ayam tersebut akan diternakkan, supaya bisa meningkatkan pendapatan perekonomian dan menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Pekalongan," ungkapnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved