Hari Pertama Pendaftaran PPDB Online Sempat Trouble 30 Menit, Total 7.115 Pendaftar di Karanganyar

Hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA di Kabupaten Karanganyar relatif berjalan lancar.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: deni setiawan
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Suasana tahapan verifikasi berkas peserta PPDB tingkat SMA di SMA Negeri 1 Karanganyar, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA di Kabupaten Karanganyar relatif berjalan lancar.

Sesuai jadwal, pendaftaran PPDB tingkat SMK dan SMA dimulai Senin (1/7/2019) hingga Jumat (5/7/2019).

Kepala Cabang Dinas (Cadin) Pendidikan Wilayah VI Jateng, Suyanta menyampaikan, apabila para pendaftar mengalami kesulitan saat mendaftarkan secara online, mereka dapat datang ke sekolah untuk meminta bantuan.

"Mendaftar dari rumah tidak bisa, datang ke sekolah dibantu mendaftar. Jika operator sekolah terhambat, komunikasi dengan operator cabang dinas wilayah atau provinsi," tuturnya.

Sesuai data, lanjutnya, pendaftaran online yang cukup banyak terjadi pada Senin (1/7/2019) pukul 00.00 hingga pukul 00.30.

"Laporan dari operator itu banyak trouble. Sekolah yang dituju tidak muncul. Kode tidak muncul. Sering logout atau down. 58 ribu masuk bersamaan se Jawa Tengah," katanya kepada Tribunjateng.com, Senin (1/7/2019).

Selanjutnya, apabila sudah mendaftarkan secara online, mereka dapat memantau apakah diterima atau tidak di sekolah yang dipilih melalui website online.

Dalam pendaftaran PPDB SMA, terdapat 3 jalur yakni jalur zonasi, prestasi, dan pindahan.

"Di dalam zonasi ada kuota 60 persen untuk zonasi jarak dan 20 persen untuk zonasi prestasi. Sedangkan zonasi prestasi ada 15 persen dan pindahan 5 persen," tuturnya.

Adapun terkait daya tampung siswa SMK dan SMA yang ada di Karanganyar, ia merinci daya tampung SMK Negeri ada sejumlah 2.623 siswa.

Sedangkan pendaftarnya telah mencapai 3.283 siswa.

Adapun daya tampung SMA Negeri ada 3.166 siswa, sedangkan jumlah pendaftar ada 3.832.

Sementara itu kepada Tribunjateng.com, Pranesti Intan Cahyaning Ratri berucap telah mendaftarkan PPDB SMA secara online sekitar pukul 00.30.

"Ada problem sedikit saat login. Setelah aktivasi akun, mengisi nomor peserta, token, email, dan kode keamanan. Selanjutnya login. Setelah itu milih sekolahan. Dan keluar tanda bukti pendaftaran secara online," katanya.

Ratri sapaan akrabnya menyampaikan, setelah melakukan pendaftaran secara online, ia selanjutnya memantau menduduki nomor urut berapa dari jumlah daya tampung sekolah yang dipilih melalui web online.

"Nanti tahu nomor urut berapa (dari daya tampung sekolahan)," terangnya.

Ia mengatakan, sekolah yang menjadi pilihan pertama yakni SMA Negeri 1 Karanganyar.

Ia mendaftar melaui jalur zonasi. (Agus Iswadi)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved