KPU Kota Pekalongan Belum Bisa Bersikap, Menunggu Kasus Caleg Faisol Khanan Sudah Inkrah

KPU Kota Pekalongan belum bisa menentukan nasib Caleg Partai Golkar Kota Pekalongan yaitu Faisol Khanan terjerat kasus politik uang.

KPU Kota Pekalongan Belum Bisa Bersikap, Menunggu Kasus Caleg Faisol Khanan Sudah Inkrah
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Caleg Partai Golkar Kota Pekalongan, Faisol Khanan saat mengikuti sidang politik uang di Pengadilan Negeri Kota Pekalongan, Sabtu (21/6/2019) lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - KPU Kota Pekalongan belum bisa menentukan nasib Caleg Partai Golkar Kota Pekalongan yaitu Faisol Khanan.

Adapun Faisol merupakan caleg terpilih yang terjerat kasus politik uang beberapa waktu lalu.

Atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Kota Pekalongan, ia dituntut dua bulan penjara serta denda Rp 5 juta pada Sabtu (21/6/2019) lalu.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada Toha menuturkan, walaupun terpilih, KPU belum bisa memutuskan tindak lanjut pelantikan Faisol.

“Kasus Faisol harus berkekuatan hukum tetap dan informasi yang kami terima kasusnya masih berlanjut,” paparnya, Senin (1/7/2019).

Dilanjutkannya, berdasarkan surat edaran KPU Pusat, caleg terpilih yang terkena kasus hukum akan dilakukan pergantian jika sudah inkrah sebelum penetapan.

"Jika kasus Faisol terbukti, serta kasusnya berakhir tanpa banding ia akan digantikan oleh caleg dari partai yang sama, dan memiliki suara terbanyak setelah Faisol. Prosesnya juga akan dilakukan oleh KPU," paparnya.

Dituturkan Rahmi, jika caleg terjerat kasus hukum setelah penetapan maupun pasca pelantikan, akan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) yang menjadi wewenang partai.

"KPU bisa melakukan eliminasi, namun dengan catatan kasus tersebut inkrah pada saat tahap pemilihan hingga sebelum ditetapkan. Jadi kami masih menunggu penyelesaian kasus tersebut,” tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved