Ribuan Anak di Kendal Belum Miliki Kartu Identitas Usia Bawah 17 Tahun

Data Dinas Pencatatan Penduduk dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kendal, masih ada sekitar 59 ribu anak di Kendal belum memiliki KIA.

Ribuan Anak di Kendal Belum Miliki Kartu Identitas Usia Bawah 17 Tahun
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Kendal Bambang Dwiono. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Sejak diterbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, masih ada ribuan anak di kabupaten Kedal belum memiliki KIA tersebut.

Padahal KIA merupakan kartu identitas yang wajib dimiliki anak usia 0-17 tahun sebelum diterbitkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Kendal, Bambang Dwiono mengatakan, penerbitan KIA bertujuan untuk pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik bagi anak.

"KIA itu wajib diberikan kepada anak usia di bawah 17 tahun. Pemberian ini sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional yakni identitas warga negara," katanya. Senin (1/7/2019).

Ia mengatakan, untuk mempermudah pengurusan administrasi kependudukan anak, pengurusan KIA dilakukan sekaligus dengan penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.

Bagi anak yang baru saja lahir maupun anak usia di bawah 5 tahun kartu Identitas anak tidak melampirkan foto.

Sedangkan anak yang berusia di atas 5 tahun harus melampirkan foto berwarna.

"KIA sangatlah penting, karena digunakan untuk mengurus dokumen kependudukan maupun urusan lain seperti pendaftaran sekolah bagi anak. Biasanya itu juga jadi syarat mendaftar sekolah," katanya.

Pihaknya pun mengimbau kepada sekolah-sekolah untuk mendorong para orangtua siswa yang belum mengurus KIA untuk segera mengurus.

"Kami juga mengimbau agar para orangtua juga mempersiapkan data administrasi anaknya meski masih dalam kandungan, sehingga ketika sudah lahir dapat segera diurus," ujarnya. (Dhian Adi Putranto)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved