Tips Atasi Penurunan Debit Air Saat Musim Kemarau, Misal Bagi Pelanggan PDAM Tirta Kajen

Memasuki musim kemarau, masyarakat Kabupaten Pekalongan diminta untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya penurunan debit air di sumber air PDAM.

Tips Atasi Penurunan Debit Air Saat Musim Kemarau, Misal Bagi Pelanggan PDAM Tirta Kajen
TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Plt Direktur PDAM Tirta Kajen Kabupaten Pekalongan, Kasmari. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Memasuki musim kemarau, masyarakat Kabupaten Pekalongan diminta untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya penurunan debit air di sumber air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Karena itu, warga diimbau untuk membuat tandon air.

Hal demikian untuk menghindari apabila debit air dari sumber mata air PDAM menurun.

Plt Direktur PDAM Tirta Kajen Kasmari mengatakan, untuk menghadapi musim kemarau yang rentan terjadi penurunan debit di sumber air PDAM, akan menurunkan tim dari produksi dan distribusi untuk menyiapkan di hulu.

"Jika ada penurunan debit, tim ini bisa mengatur supaya pembagian airnya bisa berjalan baik. Sedangkan untuk pelanggan diimbau pemakaian di jam-jam puncak dikurangi," kata Kasmari kepada Tribunjateng.com, Senin (1/7/2019).

Kasmari menjelaskan, sebagai bentuk memaksimalkan pelayan kepada masyarakat atas kebutuhan air bersih di Kedungwuni, pihaknya sudah berkoordinasi dan berkomunikasi kepada Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Jawa Tengah agar secepatnya SPAM Regional Petalong dapat segera difungsikan.

"Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Petanglong bersumber air bakunya di Talun, Kabupaten Pekalongan. Pembangunan SPAM Regional Petanglong telah selesai, namun hingga saat ini belum dioperasionalkan," ungkapnya.

Menurutnya SPAM Regional ini akan memenuhi kebutuhan air bersih di tiga daerah, yakni Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Batang.

"Diharapkan, SPAM Regional ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di Kabupaten Pekalongan pada 2019 ini," imbuhnya. (Indra Dwi Purnomo)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved