Pemkab Sragen Bentuk Satgas Politik Uang, Pemberi Maupun Penerima Uang Bisa Dipidanakan

Pemkab Sragen serius menyikapi politik uang yang marak terjadi di setiap pemilihan pemimpin khususnya pemilihan kepala desa (Pilkades)

Pemkab Sragen Bentuk Satgas Politik Uang, Pemberi Maupun Penerima Uang Bisa Dipidanakan
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Proses penandatanganan nota kesepahaman Pemda Sragen dengan Kejaksaan Negeri, Polres Sragen, Komando Distrik MiliterĀ 0725/ Sragen, Subdenpom IV/4-1 SRG Pomdam IV/DIP 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Pemkab Sragen serius menyikapi politik uang yang marak terjadi di setiap pemilihan pemimpin khususnya pemilihan kepala desa (Pilkades).

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan Pemkab Sragen bersama Forkompinda menyikapi hal tersebut dengan membentuk satgas anti money politik dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa.

"Satgas akan dibentuk tingkat kabupaten sampai tingkat desa. Termasuk tim sukses calon kades akan turut menjadi Satgas tersebut," ujar Yuni, Selasa (2/7/2019).

Yuni menegaskan siapapun yang berusaha mempengaruhi pemilih dengan memberikan uang maka diancam dengan hukuman pidana.

Tidak hanya pemberi uang, bupati memastikan masyarakat yang menerima juga bisa dijerat hukum, hal ini menurutnya akan memberi efek jera.

"Seberapa efektif? mari kita buktikan bersama-sama, namun saya yakin akan efektif, paling tidak jika 100% tidak menghapus, namun bisa mengurangi kegiatan-kegiatan yang mengarah ke politik uang," papar Yuni.

Yuni menyampaikan satgan akan dibentuk di masing-masing kecamatan.
Setelah penetapan calon pada akhir Agustus, Satgas akan mulai bekerja Rabu 25 September 24.00 atau saat masa kampanye dimulai.

Tidak hanya masyarakat, ASN juga menjadi atensi dalam Pilkades.

ASN tidak boleh menjadi timses, pembicara dalam pertemuan kampanye, foto bersama, hingga simbol tangan keberpihakan dilarang. "Untuk peraturan para ASN masih sama lah dengan pemilu," ujar Yuni.

Bagi ASN yang melanggar, akan ada sanksi administrasi dari pejabat pembina kepegawaian.

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved