Pilkades Serentak di Kabupaten Banyumas, Polres Banyumas Petakan Wilayah Rawan

"Total ada 257 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak. Masing-masing desa mesti terpetakan potensi permasalannya,"

Pilkades Serentak di Kabupaten Banyumas, Polres Banyumas Petakan Wilayah Rawan
Tribunjateng.com/Permata Putra Sejati
Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun, pada Selasa (2/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Dalam rangka menyambut pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 257 Desa se-Kabupaten Banyumas,  Polres Banyumas akan menyiapkan personel pengamanan demi menjaga kondusifitas. Pilkades serentak akan dihelat pada 23 Juli 2019.

Secara khusus pihak kepolisian telah memetakan potensi-potensi kerawanan yang akan terjadi pada gelaran Pilkades serentak nanti.

"Total ada 257 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak. Masing-masing desa mesti terpetakan potensi permasalannya," ujar Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun kepada Tribunjateng.com, Selasa (2/7/2019).

Menurutnya dengan memetakan permasalahan dan kerawanan di setiap desa akan diketahui kelemahan-kelemahan yang ada dan selanjutnya membuat rencana pengamanannya. Polres Banyumas juga terus berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah, sebab tidak menutup kemungkinan pengamanan pilkades serentak akan melibatkan pasukan yang cukup banyak.

"Kami kemungkinan akan meminta dukungan personel dari sejumlah polres tetangga seperti Purbalingga, Cilacap, dan Kebumen. Kami rencanakan ada penambahan personel sekitar 180 orang karena cukup banyak wilayah yang akan melaksanakan pilkades, ada 257 desa," tambahnya.

Menurut Kapolres, pengamanan di setiap desa yang menggelar akan pilkades setidaknya harus diperkuat minimal lima hingga enam personel polisi. Pilkades di Kabupaten Banyumas diikuti minimal dua calon, dan maksimal lima calon.

"Cukup besar kerawanannya, mengingat masing-masing calon punya obsesi. Kita mengantisipasinya dengan meminta Babinkamtibmas mulai melakukan pendekatan-pendekatan kepada seluruh calon beserta tim suksesnya," katanya.

Terkait dengan potensi kerawanannya tinggi, Kapolres mengatakan jika berdasarkan pemetaan, di Kecamatan Cilongok cukup menjadi salah satu yang cukup rawan. Sebab, sebanyak 20 desa dalam satu kecamatan tersebut akan melaksanakan pilkades serentak semua.

Selain Kecamatan Cilongok, di Kecamatan Sumbang juga cukup besar kerawanannya. 
Nantinya personil kepolisian yang terlibat dalam pengamanan pilkades akan diterjunkan ke setiap desa sehari sebelum pelaksanaan kegiatan. Tidak lupa pula akan melakukan pengamanan melekat pada masa kampanye calon kepala desa, yang rencananya akan mulai dilaksanakan pada 18 Juli mendatang.

Selain itu, pihaknya akan melaksanakan patroli gabungan bersama Kodim 0701/Banyumas pada saat pelaksanaan pilkades serentak. Kapolres mengatakan jika, sampai sejauh ini masih kondusif. Memang ada beberapa permasalahan. Bahkan, pihaknya akan menindak tegas jika ada perjudian dalam pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Banyumas. (Tribunjateng/jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved