Rakernas Apeksi di Kota Semarang Jadi Momentum Sinergitas, Lebur Rivalitas

APEKSI sebagai organisasi strategis menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Tahun 2019 di Kota Semarang

Rakernas Apeksi di Kota Semarang Jadi Momentum Sinergitas, Lebur Rivalitas
TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berduet dengan Ari Lasso dalam acara "Welcome Dinner Apeksi XIV Tahun 2019" di The Renaissance Ballroom, Graha Candi Golf Jl.Bukit panorama Jangli Tembalang Rabu (02/09). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) sebagai organisasi strategis menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Tahun 2019 di Kota Semarang.

Kegiatan tersebut dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari mulai 3-5 Juli 2019 dengan dihadiri oleh Pemerintah Kota seluruh Indonesia.

Penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah, guna mendukung kemandirian daerah dalam rangka mengimplementasi pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia pun menjadi tema besar yang diangkat.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sebagai tuan rumah penyelenggaraan menuturkan jika tema besar tersebut dapat disikapi sebagai semangat untuk penguatan sinergitas stakeholder dalam pengembangan kota.

Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu menegaskan, semangat penguatan alokasi anggaran dapat berdampak positif dalam merubah pola pikir formulasi penganggaran.

Pasalnya Hendi menekankan jika pemerintah kota saat ini tidak dapat berdiri sendiri sebagai stakeholder pembangunan kota, melainkan harus bergerak bersama stakeholder lainnya.

"Pemerintah kota dapat sejauh mana, provinsi dan pusat bisa masuk di dimana, private bisa kontribusi apa, dan sebagainya menjadi penting untuk dipertimbangkan dalam hal penguatan alokasi anggaran," tutur Wali Kota Semarang itu.

"Sehingga dengan adanya seluruh pemerintah kota berkumpul hari ini, kami bisa saling menginspirasi dan terinspirasi dari best practice di berbagai kota," tegas Hendi.

Maka dari itu Hendi menekankan jika Rakernas APEKSI menjadi momentum penguatan sinergitas dan peleburan rivalitas antar Pemerintah Kota di Indonesia.

"Sebagai satu kesatuan Indonesia, kolaborasi menjadi sangat penting, sehingga dalam Rakernas APEKSI saat ini semangat kebersamaan menjadi salah satu yang penting untuk ditonjolkan dalam berbagai kegiatannya," pungkasnya.

Halaman
12
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved