Sambangi UD Putra Laut di Semarang, Komisi IV DPR RI Dorong Pengusaha Industri Pangan Ekspor di 2020

Para anggota Komisi IV DPR RI mengunjungi tempat pengolahan ikan di Jalan Purwosari VI, Tambakrejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya

Sambangi UD Putra Laut di Semarang, Komisi IV DPR RI Dorong Pengusaha Industri Pangan Ekspor di 2020
TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan meninjau tempat produksi ikan olahan di UD Putri Laut, Gayamsari, Semarang, Selasa (2/7/2019). (TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV)

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Para anggota Komisi IV DPR RI mengunjungi tempat pengolahan ikan di Jalan Purwosari VI, Tambakrejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Usaha Dagang (UD) Putri Laut, Selasa (2/7/2019) hari ini.

Hal itu dilakukan untuk mendorong diperkuatnya hilirisasi baik bagi petani maupun nelayan di Indonesia.

“Hilirisasi adalah ke depan kita harus memperkuat dan menguasai industri pangan karena itu menjadi jalan yang sangat efektif untuk meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat,” ungkap Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan di lokasi.

Menurutnya, melihat potensi sumber daya alamnya, dia yakin bahwa Indonesia dapat menjadi kekuatan pangan dunia jika bahan baku dapat diolah sehingga memiliki nilai tambah.

“Nah ini salah satu yang berhasil dan sangat baik, di Kota Semarang ada bandeng, cumi dan produk olahan lainnya,” ujar Daniel usai meninjau bagian dalam tempat produksi UD Putri Laut.

“Namun untuk bisa melakukan ekspor, biasanya nilainya tinggi tidak hanya 100-200 kilogram saja, dalam satu bulan bisa lima container dan sifatnya continue,” imbuhnya.

Dirinya pun mendorong pemerintah untuk men-support industri pangan, termasuk di Kota Semarang, sehingga ekspor bisa terwujud pada 2020 mendatang.

“Kekuatan pangan itu kami yakin lebih kuat dari kekuatan nuklir sekalipun,” imbuhnya.

“Maka kami mendorong dalam waktu yang tidak terlalu lama di pemerintahan kedua Presiden Jokowi ini, Indonesia bisa menjadi kekuatan pangan dunia,” harapnya.

Daniel menilai dukungan pemerintah terhadap petani dan nelayan dari segi peralatan dan anggaran sudah cukup baik, namun masih sangat terbatas.

Halaman
12
Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved