Waren Buffett Donasikan Rp 50,7 Triliun Untuk 5 Yayasan Amal

satu di antara yayasan amal tersebut adalah yayasan milik pendiri Microsoft Bill Gates dan istrinya Melinda Gates.

Waren Buffett Donasikan Rp 50,7 Triliun Untuk 5 Yayasan Amal
Krista Kennell/Shutterstock.com
Warren Buffett. 

TRIBUNJATENG.COM - Orang terkaya nomor empat di dunia Waren Buffett kembali mendonasikan sahamnya dari perusahaan konglomerasi Berkshire Hathaway senilai 3,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 50,7 triliun (kurs Rp 14.100 per dolar AS) kepada 5 yayasan amal.

Seperti dikutip dari CNN, Selasa (2/7/2019), satu di antara yayasan amal tersebut adalah yayasan milik pendiri Microsoft Bill Gates dan istrinya Melinda Gates.

Sebagai informasi, berdasarkan indeks kekayaan Bloomberg dan Fobers, Buffett memiliki nilai kekayaan mencapai lebih dari 87 miliar dolar AS (Rp 1.266,7 triliun).

Dalam proses pendonasian tersebut, dia mengubah beberapa saham kelas A dari Berkshire Hathaway menjadi saham kelas B dan didonasikan kepada Yayasan Bill dan Melinda Gates, Yayasan Susan Thompson Buffeett, Yayasan Sherwood, ayasan Howard G. Buffett dan Yayasan NoVo.

Saham Berkshire kelas A merupakan yang memungkinkan investor untuk memiliki lebih banyak hak suara, diperdagangkan pada level lebih dari 321.000 dolar AS hanya dengan satu saham.

Sementara saham B, yang diperuntukkan bagi investor biasa, diperdagangkan dengan harga lebih terjangkau sekitar 214 dolar AS per lembar saham.

Yayasan Susan Thompson Buffeett adalah yayasan yang dimiliki oleh istrinya saat ini.

Sementara, tiga yayasan lainnya didirikan oleh ketiga anaknya, yaitu Susan, Howard, Peter dan keluarga mereka.

Sebelumnya, Buffett pun telah mendonasikan 3,4 miliar dolar AS sahamnya kepada lima yayasan amal yang sama tahun lalu.

Langkah tersebut membuat Yayasan Bill dan Melinda Gates menjadi salah satu pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway.

Halaman
12
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved