Bupati Asip Sampaikan Jawaban Atas Tanggapan Pertanggungjawaban APBD 2018 di Sidang Paripurna

"24 obyek ini sudah menyumbang pendapatan kepada masyarakat milyaran rupiah, contohnya Pantai Wonokerto Kulon sampai hari ini incomenya sudah Rp 2 M

Bupati Asip Sampaikan Jawaban Atas Tanggapan Pertanggungjawaban APBD 2018 di Sidang Paripurna
Istimewa
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat memberikan jawaban menanggapi Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Pekalongan terhadap Perrtanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pekalongan Tahun Anggaran 2018 pada rapat paripurna yang diadakan di gedung dewan, Selasa (2/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi memberikan jawaban menanggapi Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Pekalongan terhadap Perrtanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pekalongan Tahun Anggaran 2018 pada rapat paripurna yang diadakan di gedung dewan, Selasa (2/7/2019).

Bupati Asip menanggapi jawaban terkait dengan SiLPA tahun 2018 sebesar Rp 170,5 M (7,89%) itu lebih kecil dari tahun kemarin yang mencapai Rp 230 M (11,29%), besaran SiLPA 2018 didominasi terkait BLUD sebesar Rp 89 M.

Untuk rendahnya belanja modal sebesar 77,02% itu karena pembangunan gedung RSUD Kraton, pengadaan tanah dan Pembangunan RSUD Kesesi yang direalisasikan tahun 2019 ini.

Capaian PAD Kabupaten Pekalongan sebesar 84,34% menurun karena pendapatan BLUD RSUD Kraton dan RSUD Kajen sebagai dampak sistem rujukan berjenjang pada BPJS.

"Semua Rumah Sakit tipe B diseluruh Indonesia mengalami penurunan pendapatan, tidak kita saja yang mengalami penurunan. Tetapi sedang diupayakan langkah-langkah bagaimana mengembalikan income normal pada rumah sakit," kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi.

Asip memberikan empat jawaban atas pandangan umum dari Fraksi PKB tentang peningkatan pendapatan daerah untuk prioritas peningkatan infrastruktur daerah melalui belanja langsung dan hibah barang akan diserahkan kepada masyarakat dan pemerintah desa.

Jasa Transportasi berbasis online sedang diupayakan untuk bersinergi dengan angkutan konvensional dengan penyususan kerangka regulasi terkait angkutan umum di Kabupaten Pekalongan.

Pelayanan kesehatan juga akan ditingkatkan antara lain peningkatan fasilitas pelayanan, jumlah tenaga kesehatan dan sarana prasarana kesehatan serta menjalin kerja sama dengan rumah sakit swasta dalam layanan Kartu Kajen Sehat.

"Sekarang Kartu Kajen Sehat sudah bisa digunakan di Rumah Sakit Swasta seperti Budi Rahayu dan RSI Pekajangan. Anggarannya Rp 21 M pada tahun 2018," terangnya.

Terkait upaya melindungi lahan pertanian dari ancaman limbah perlu dilakukan peningkatan pengawasan, Pengelolaan air limbah baik usaha berskala besar seperti pabrik dan usaha kecil harus memiliki IPAL.

Halaman
123
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved