Di Semarang, Walikota Se-Indonesia Sepakat Maju Bersama Pasca Pilpres

Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) tahun 2019 resmi dibuka oleh Mendagri Tjahjo Kumolo

Di Semarang, Walikota Se-Indonesia Sepakat Maju Bersama Pasca Pilpres
ISTIMEWA
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyerahkan cinderamata kepada Mendagri Tjahjo Kumolo usai membuka Rakernas APEKSI dan Indonesia City Expo 2019 di Hotel Po 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) tahun 2019 resmi dibuka oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Rabu (3/7) bertempat di Hotel Po, Kota Semarang.

Dari total 93 Kota dan 5 Kota Administratif di Indonesia, hadir 92 pemerintah kota untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Selain Mendagri dan para Wali Kota anggota APEKSI, hadir pula Menteri Pan-RB Syafruddin, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam Rakernas yang diselenggarakan oleh APEKSI untuk ke-14 kalinya itu, dilakukan sejumlah diskusi panel mengangkat berbagai tema.

Strategi dana transfer daerah untuk mendukung profesionalitas dan kemandirian keuangan daerah, menjadi salah satu topik diskusi yang diangkat.

Tak hanya itu, kegiatan inti Rakernas APEKSI juga membahas tentang dana kelurahan untuk penguatan pemerintah daerah, serta solusi penyelesaian tenaga K-2 untuk mendukung profesionalitas di daerah.

Tuan rumah penyelenggaraan, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sendiri kembali menegaskan pentingnya Rakernas APEKSI 2019, sebagai momentum penguatan persatuan Indonesia.

"Hari ini semua yang hadir merupakan representasi Indonesia saat ini, khususnya masyarakat di perkotaan. Sehingga apa yang akan disepakati bersama hari ini rasanya akan menjadi penting," jelas pria yang juga akrab disapa Hendi itu.

"Saya pun meyakini jika momen ini akan menjadi trigger bagi seluruh stakeholder di Indonesia, untuk bisa lebih optimis dalam pembangunan Indonesia maju," tekannya.

Senada, Ketua APEKSI, Airin Rachmi Diany dalam laporannya juga menegaskan jika seluruh anggota APEKSI telah sepakat untuk maju bersama.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved