Dua Kelurahan di Salatiga Berpotensi Alami Kekeringan

Para peserta juga diarahkan untuk mengetahui prosedur yang benar dalam menangani bencana termasuk teknik mengevakuasi korban

Dua Kelurahan di Salatiga Berpotensi Alami Kekeringan
Istimewa
Sejumlah warga dan personel Dinas Satpol PP non PNS saat mengikuti pelatihan penanggulangan bencana di Gedung Setda Kota Salatiga. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dua kelurahan di Kota Salatiga pada musim kemarau tahun ini berpotensi terjadi bencana kekeringan.

Hal itu berdasarkan pemetaan kondisi geografis wilayah tersebut dan peristiwa kebencanaan yang terjadi selama beberapa tahun belakangan.

Kasi Penanganan Bencana Dinas Satpol PP Kota Salatiga Saryono mengatakan dua kelurahan yang menjadi perhatian jajarannya adalah Kumpulrejo dan Raduacir, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga.

“Pada musim kemarau seperti sekarang ada dua kerawanan bencana yang kami harus waspadai, yakni kebakaran dan kekeringan. Mengacu peristiwa kebencanaan pada tahun lalu daerah wilayah Kumpulrejo dan Randuacir rawan terjadi kekeringan. Sedang wilayah yang rawan kebakaran yaitu kawasan padat penduduk,” terangnya kepada Tribunjateng.com, Rabu (3/7/2019).

Menurut dia, Dinas Satpol PP selaku instansi yang menangani kebencanaan, telah melakukan sejumlah langkah antisipasi dan menyiapkan personil serta kelompok masyarakat untuk penanganan jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Satpol PP juga telah memberikan pelatihan kepada kelompok masyarakat serta personil non PNS.

“Pelatihan tersebut merupakan langkah mendeteksi dini terjadinya kebencanaan mendekati musim kemarau karena rawan adanya kekeringan maupun kebakaran,” katanya.

Ia menambahkan, pelatihan penanganan bencana sendiri telah dilangsungkan pada 24-27 Juni lalu. Lewat pelatihan tersebut harapannya membantu masyarakat sehingga dapat bergerak dengan cepat apabila terjadi bencana.

Para peserta juga diarahkan untuk mengetahui prosedur yang benar dalam menangani bencana termasuk teknik mengevakuasi korban.

Selain kekeringan, beberapa kejadian bencana seperti angin puting beliung dan tanah longsor kerapkali terjadi pada beberapa titik wilayah dan semua itu membutuhkan perhatian terutama warga sekitar agar cepat melakukan pertolongan. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved