Dari Geger Pecinan Hingga Boyong Kedhaton Bakal Ditampilkan di Festival Ketoprak ISI Solo

Geger Pecinan, Bedhah Kartasura dan Boyong Kedhaton bakal ditampilkan di Festival Ketoprak di Gedung Teater Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Dari Geger Pecinan Hingga Boyong Kedhaton Bakal Ditampilkan di Festival Ketoprak ISI Solo
TRIBUN JATENG
Ilustrasi Ketoprak 

TRIBUNJATENG.COM - Ada sejumlah sub tema yang akan dibawakan dalam Festival Ketoprak yang menceritakan sejarah bedirinya Kota Solo di Gedung Teater Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Sabtu-Ahad (6-7/7/2019).

Festival yang akan digelar dua hari ini akan menampilkan rentetan tema seputar berdirinya Solo yakni pada hari pertama seperti Geger Pecinan, Bedhah Kartasura dan Boyong Kedhaton.

Sedangkan pada hari kedua yakni mengambil tema Raden Mas Said dan Perjanjian Giyantri.

"Sengaja kita urutkan agar penonton bisa memahaminya," papar Kepala Bidang Kesenian Sejarah dan Sastra Dinas Kebudayaan Solo, Maretha Dinar saat memberikan keterangan pers, Kamis (4/7/2019).

Ferry Paulus Usahakan Laga Persija Jakarta Vs Persib Bandung Boleh Pakai Penonton

Prediksi Susunan Pemain Persib Bandung saat Bertandang ke Kandang Persebaya Surabaya

Dalam festival yang dilombakan itu lanjut Maretha, memiliki jumlah maksimal 40 peserta dalam setiap satu tim yang maksimal berumut 40 tahun.

"Peserta kami batasi usia 40 tahun, artinya kita ingin mengembangkan dan menggali usia muda supaya mereka mencintai budaya," harap dia.

Dikatakan, semua peserta harus dari kecamatan setempat, yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP).

"Setiap kontingen festival mendapat waktu 60 menit," ungkap dia.

Dia menambahkan, adapun penjurian akan dilakukan oleh Widayat (Seniman ketoprak dari Yogjakarta), Sakirun (Seniman Jawa Timur) dan Gigok Anurogo (Seniman ketoprak dari Solo). (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Festival Ketoprak Ceritakan Solo, Bakal Bawakan Cerita Boyong Kedhaton hingga Raden Mas Said

Editor: suharno
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved