DKK Salatiga Waspadai Penyebaran Virus Penyakit Hepatitis A, Ini Tips Pencegahannya

Yang paling utama terdapat tanda-tanda kuning. Karena Hepatitis A merupakan peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus

DKK Salatiga Waspadai Penyebaran Virus Penyakit Hepatitis A, Ini Tips Pencegahannya
Net
Ilustrasi Hepatitis 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Merebaknya penyakit Hepatitis A yang menelan korban hingga ribuan di Pacitan Jawa Timur turut menjadi perhatian Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga.

Kepala DKK Salatiga Siti Zuraidah mengatakan meskipun sampai sekarang temuan kasus tersebut tidak ada jajaranya diminta waspada.

"Kami terus melakukan monitoring dan meminta petugas kesehatan melaporkan dari tingkat puskesmas sampai kota," terangnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (4/7/2019)

Menurut Siti Zuraidah, kasus Hepatitis A pernah ditemukan di Kota Salatiga pada kurun dua tahun terakhir sejak 2018-2019. Berdasarkan pasien yang dirawat RSUD Salatiga berjumlah total 3 orang terjangkit.

Ia menambahkan, penyakit seseorang terdampak Hepatitis karena penyebab virus baik yang menular melalui makanan atau minuman terkontaminasi. Termasuk lewat air sungai dan kontak fisik dari penderita ke orang sehat.

"Karena itu untuk pencegahan seseorang harus menjaga pola hidup sehat dan bersih mulai membiasakan cuci tangan pakai sabun sebelum makan dan setelah buang air besar," katanya

Dikatakannya, air minum yang hendak dikonsumsi selain harus berasal dari sumber yang bersih juga harus direbus terlebih dahulu. Kemudian, ketika terdapat sisa makanan agar tetap sehat sebaiknya ditutupi dalam penyimpanannya.

Beberapa gejala seseorang terkena Hepatitis tidak jauh berbeda dengan penyakit lain yakni diawali rasa mual serta pusing kemudian mudah capek atau terasa lemas.

"Yang paling utama terdapat tanda-tanda kuning. Karena Hepatitis A merupakan peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus. Virus ini menyebar melalui konsumsi makanan, minuman, atau memasukkan benda yang telah terkontaminasi tinja penderita hepatitis A ke mulut," ujarnya

Karenanya dia mengimbau supaya peralatan makanan dan bahan makanan dicuci dengan air bersih, sebelum dimasak. Selanjutnya cara lain mencegah infeksi virus hepatitis A adalah melakukan vaksinasi.

Tidak lupa lanjutnya, menghindari mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang dan jajanan yang tidak sehat. Apabila seusai aktivitas kontak dengan hewan dan tanah sebaiknya membersihkan diri dulu.

"Jika merasakan gejala-gejala hepatitis A, seperti demam, lemas, mual dan muntah, urine berwarna gelap, tinja berwarna pucat, serta warna mata dan kulit berubah menjadi kuning, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat," jelasnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved