Fintech Bidik Segmen Produktif

Perusahaan financial technologt (fintech) lending yang biasa bergerak di segmen konsumtif mulai melirik pinjaman produktif.

Fintech Bidik Segmen Produktif
shutterstock.com
Fintech 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Perusahaan financial technologt (fintech) lending yang biasa bergerak di segmen konsumtif mulai melirik pinjaman produktif.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Humas Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Tumbur Pardede, mengatakan, tren itu terjadi karena pasar pembiayaan produktif atau UMKM paling besar.

Selain itu, Tumbur menilai, mitigasi risiko pinjaman ke sektor UMKM lebih terukur. "Sektor UMKM masih kekurangan permodalan dalam jumlah yang sangat besar dan akses keuangan mereka terbatas," ujarnya, kepada Kontan, Senin (1/7).

Satu fintech yang melirik segmen produktif adalah Akulaku. Tahun ini, perusahaan aplikasi kredit virtual finansial online itu akan mulai membidik segmen produktif.

Direktur Corporate Affairs and Public Relations Akulaku Indonesia, Anggie Setia Ariningsih menuturkan, produk pinjaman produktif akan membidik para pelaku UKM.

"Akan diluncurkan SME (small and medium enterprise) loan untuk para merchant. Target kami 20 persen pembiayaan untuk segmen produktif. Itu target yang besar, kami coba pelan-pelan. Pinjaman dari Januari sampai Juni per bulan Rp 1,5 triliun," tuturnya.

Ia menyebut, produk baru itu akan diluncurkan pada kuartal keempat. Selain itu, Akulaku akan meluncurkan car loan atau pinjaman dengan jaminan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Pinjaman bersyarat itu bisa digunakan sebagai pinjaman produktif maupun konsumtif.

PT Kredit Pintar Indonesia juga mulai menyasar segmen produktif. Kredit pintar mulai menyasar pembiayaan ke petani dengan produk Petani Pintar.

"Produk Petani pintar masih dalam piloting phase. Kami baru luncurkan pada Mei, jadi baru dua bulan, dan masih melihat data-data terkait dengan beberapa batch pertama," ujar Vice President Kredit Pintar, Boan Sianipar. (Kontan/Maizal Walfajri)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved