Ngopi Pagi

FOKUS : Usia Hanya Angka

Setelah Mahkamah Konstitusi selesai bersidang dan Komisi Pemilihan Umum membuat penetapan, saatnya rakyat Indonesia kembali fokus bekerja.

FOKUS : Usia Hanya Angka
tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
Abduh Imanulhaq atau Aim wartawan Tribun Jateng 

Oleh Abduh Imanulhaq

Wartawan Tribun Jateng

AYO kerja lagi. Setelah Mahkamah Konstitusi selesai bersidang dan Komisi Pemilihan Umum membuat penetapan, saatnya rakyat Indonesia kembali fokus bekerja.

Terutama para pemimpinnya, baik di pusat dan daerah. Sosok-sosok yang di bahunya menanggung amanah membuat perubahan ke arah yang lebih baik, demi kemajuan bangsa dan negara.

Sudah tiba saatnya keluar dari kungkungan atmosfer politik yang gaduh dan menggerahkan. Membuat kita berbulan-bulan terbelah pandangan dan pilihan mengenai kepemimpinan nasional.

Bagi Presiden Joko Widodo, sudah ada pekerjaan besar bahkan raksasa yang menanti. Mewujudkan janji-janjinya semasa berkampanye, melanjutkan tugas-tugas terdahulu yang masih belum rampung.

Tak syak lagi, kegaduhan baru sudah berada di depan mata bahkan ketika kerja itu belum dimulai. Belum lagi Jokowi dilantik untuk masa pemerintahannya yang kedua, nama-nama calon menteri yang akan masuk kabinetnya sudah beredar di media sosial.

Tentu kita yakini, sebagian besar nama itu tidak kredibel untuk masuk barisan pembantu presiden. Kita ketahui pula, ada yang sengaja menggulirkannya agar nama jago yang dia gadang-gadang dilirik presiden.

Jauh-jauh hari pula, Jokowi menyatakan tak menutup peluang anak-anak muda masuk dalam kabinetnya. Kriteria menteri yang dia inginkan adalah eksekutor handal yang memiliki manajerial yang kompeten, dinamis, dan fleksibel serta mampu mengikuti perubahan zaman secara cepat.

Semua kriteria itu dia yakini dimiliki anak muda. Meski itu sebenarnya tidak menjamin karena yang terpenting adalah sikap diri dan daya adaptasi.

Halaman
12
Penulis: abduh imanulhaq
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved