Gadis Penderita Gangguan Psikotik di Banjarnegara Kondisinya Lebih Baik

Kondisi LL yang masih memiliki masa depan panjang ini mendapat perhatian serius dari Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono

Gadis Penderita Gangguan Psikotik di Banjarnegara Kondisinya Lebih Baik
Istimewa
Bupati Budhi Sarwono saat kunjungi panti Pamardi Raharjo Banjarnegara 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA-Kisah LL (16), gadis penderita gangguan psikotik sempat membuat miris. Warga Desa Prigi Kecamatan Sigaluh itu harus hidup terkurung dan menjalani hari-harinya di dalam rumah. Keluarga terpaksa mengurung gadis itu lantaran khawatir anak itu melarikan diri hingga keselamatannya terancam.

LL mulanya hidup normal layaknya perempuan sebayanya. Ia bahkan sempat bersekolah dan dikenal rajin. Entah kenapa, anak itu tiba-tiba menderita gangguan jiwa setelah sempat sakit hingga tak sadarkan diri.

Kondisi LL yang masih memiliki masa depan panjang ini mendapat perhatian serius dari Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.

Ia bersama tim dari Dinsos dan Dinkes berinisiatif menjemput anak itu, lalu membawanya ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr Soerojo Magelang untuk mendapatkan kesembuhan, (10/6) lalu.

Setelah dirawat di rumah sakit itu selama sekitar tiga minggu, LL kini kembali ke daerah asalnya dan dirawat di Panti Rehabilitasi Sosial Pamardi Raharjo, Pucang Banjarnegara.

Setiba di panti, LL mendapat kejutan karena dikunjungi Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Selasa lalu (2/7). Kunjungan Budhi kala itu ingin mengetahui kondisi LL usai kembali dari RSJ dr Soerojo Magelang.

Usai menjalani proses penyembuhan, kondisi LL kini menjadi lebih baik. Ia bahkan sempat menyapa bupati dan mengeja nama-nama yang diingatnya.
Gadis itu pun tampak gembira usai menerima susu kemasan yang diberikan bupati.

“Terima kasih pak Bupati,” ucapnya

Anak itu tambah girang ketika Budhi mengajaknya keluar kamar untuk jalan-jalan di sekitar kompleks panti. Ia didampingi sang ayah, Ratman, dan anggota keluarganya yang lain.

Menurut Suhartanto, pengasuh panti, LL tiba dari Magelang pada Senin malam (1/7) lalu. Setelah sekitar 20 hari berobat di RSD dr Soerojo Magelang, pihak rumah sakit merujuk gadis itu ke Panti Pamardi Rahardjo Banjarnegara.
Ia menyebut sudah ada perkembangan berarti untuk proses kesembuhan LL.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved