Jumlah Calon Jemaah Haji Asal Salatiga Tahun Ini Menurun

Kemenag RI Kota Salatiga mencatat jumlah calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Jumlah Calon Jemaah Haji Asal Salatiga Tahun Ini Menurun
AFP PHOTO/BANDAR ALDANDANI
Pemandangan dari udara menunjukkan jemaah haji tengah mengelilingi Kabah, tempat paling suci bagi umat Islam di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (3/9/2017). Tercatat sekitar 2,1 juta umat Muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Departemen Agama Kementerian Agama (Kemenag) RI Kota Salatiga mencatat jumlah calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Humas Depag Kemenag RI Kota Salatiga Khusnul Khotimah mengatakan total calon jamaah haji kali ini asal Salatiga keseluruhan berjumlah 194 orang. Sedang tahun 2018 sebanyak 262 orang.

"Mereka semua akan berangkat ke tanah suci Makkah pada 30 Juli mendatang," terangnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (4/7/2019)

Khotimah menjelaskan persiapan mulai dari bimbingan teknis manasik haji berupa materi kebijakan Kemenag RI dan pengelolaan keuangan serta kesehatan telah dilangsungkan beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, sekarang para peserta sedang menjalani tahapan manasik haji pada tingkat kecamatan masing-masing sebelum diberangkatkan akhir Juli nanti.

"Mereka calon jamaah haji juga sudah menjalani tes kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga. Hasilnya semua tidak ada masalah penyakit tertentu," katanya

Pihaknya melanjutkan, terkait kemungkinan masalah kesehatan hingga terjangkit radang selaput otak (meningitis) terhadap keseluruhan calon peserta haji akan terus dilakukan pemantauan. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved