Mahasiswa Undip Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Kecurangan di Pertamini dan SPBU

Sejumlah Mahasiwa Undip melakukan wawancara kepada petugas UPTD Metrologi Kota Semarang, bahwa kecurangan pengisian BBM tak hanya berlangsung di SPBU

Mahasiswa Undip Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Kecurangan di Pertamini dan SPBU
ISTIMEWA
Automatic Detection Pencegah Kecurangan Pengisian Bahan Bakar Minyak disebut MAITEC karya mahasiswa Undip. 

Sejumlah Mahasiwa Undip melakukan wawancara kepada petugas UPTD Metrologi Kota Semarang, bahwa kecurangan pengisian BBM tidak hanya berlangsung di SPBU.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Penggunaan transportasi pribadi berupa kendaraan bermotor selalu meningkat setiap tahunnya.

Dilansir dari Badan Pusat Statistik, tercatat pada tahun 2017 kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 138.556.669 unit dengan dominasi kendaraan bermotor sebanyak 81,5 persen.

Adapun pada akhir tahun 2018, data menunjukkan bahwa penjualan sepeda motor tumbuh sebesar 18,9 persen.

Tingginya penggunaan kendaraan bermotor tersebut tentunya mendorong peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Meskipun begitu, menurut data SKK Migas (2015), produksi BBM di Indonesia sudah mulai kurang sebanding dengan angka konsumsinya yang mencapai 1,5 juta barel per hari.

Keterbatasan akan produksi BBM yang tidak seimbang dengan pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia, kemudian menjadi celah bagi pelaku praktik kecurangan dalam penjualan BBM.

Adapun kecurangan tersebut berupa pengurangan takaran dengan memainkan nozzle atau alat pengisi BBM.

Untuk itu, sejumlah Mahasiwa Universitas Diponegoro melakukan wawancara kepada petugas UPTD Metrologi Kota Semarang, bahwa kecurangan pengisian BBM tidak hanya berlangsung di SPBU.

Hal tersebut disusul menjamurnya pertamini saat ini yang nyatanya tidak diimbangi dengan regulasi yang mengendalikan usaha kecil tersebut.

Halaman
123
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved