Penetapan Caleg DPRD Kabupaten Tegal Terpilih Ditunda

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal menunda penetapan perolehan kursi Partai Politik (Parpol) dan calon terpilih anggota legislatif DPRD

Penetapan Caleg DPRD Kabupaten Tegal Terpilih Ditunda
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal menunda penetapan perolehan kursi Partai Politik (Parpol) dan calon terpilih anggota legislatif DPRD dalam rapat pleno, Rabu (3/7/2019) kemarin.

Pasalnya, KPU Kabupaten Tegal harus menunggu surat terlebih dahulu dari KPU pusat terkait daftar daerah yang bersengketa Perkara Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurohman mengatakan, sebagai penyelenggara Pemilu, pihaknya akan tetap memegang sesuai aturan.

Menurut dia, sebelum ada surat dari KPU pusat perihal Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) dari MK, maka seluruh KPU provinsi, kabupaten, dan kota tidak berani melakukan penetapan.

"Berdasarkan arahan pimpinan dan sesuai dengan Surat KPU Nomor 867 tanggal 24 Mei 2019, maka sepanjang surat KPU mengenai penyampaian daftar daerah yang bersengketa PHPU di MK dan/atau yang tidak bersengketa di MK belum diterbitkan. Kami diminta agar proses Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD tidak dilakukan terlebih dahulu," kata Nurohman kepada Tribunjateng.com

Dalam rapat pleno itu, KPU Kabupaten Tegal pun sempat menskor beberapa waktu.

Hingga berita ini ditayangkan pada Kamis (4/7/2019), KPU Kabupaten Tegal masih menunggu surat dari KPU pusat tersebut.

"Tadi kami sempat skors. Ditunggu sampai pukul 12.00 WIB, Rabu (3/7/2019) pun tidak turun, maka kami putuskan rapat pleno ditunda," tambahnya. (Tribunjateng/gum).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved