Petani Bojong Kekurangan Air, Babinsa Bantu dengan Pompa Air

Sehingga untuk mengatasinya, para petani melakukan penyedotan air irigasi dengan menggunakan diesel pompa air

Petani Bojong Kekurangan Air, Babinsa Bantu dengan Pompa Air
Istimewa
Serka Samsuri membantu petani Desa Kalipancur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan saat menghidupkan pompa air. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Memasuki musim kemarau, sudah mulai membawa dampak bagi sebagian petani di wilayah Kabupaten Pekalongan, tidak terkecuali petani di Desa Kalipancur Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Sehingga untuk mengatasinya, para petani melakukan penyedotan air irigasi dengan menggunakan diesel pompa air.

Babinsa Desa Kalipancur Serka Samsuri mengatakan dalam upaya mewujudkan swasembada pangan diwilayah, Babinsa siap membantu mengatasi setiap kendala yang dihadapi para petani, seperti kekurangan pasokan air.

"Musim kemarau yang baru berjalan beberapa bulan ini membuat sebagian area persawahan di daerah Bojong khususnya sudah mulai kekurangan air, sehingga para petani sudah mulai menggunakan pompa air untuk memenuhi kebutuhan air pada tanaman padi di sawah-sawah mereka," kata Serka Samsuri kepada Tribunjateng.com, (04/07/2019).

Menurutnya kami Babinsa turun ke sawah untuk memberi motivasi, sekaligus membantu petani mengairi sawah yang kekurangan air karena memasuki musim kemarau.

"Tentunya ini memerlukan biaya tambahan, karena para petani harus mengeluarkan uang untuk membeli bensin guna menghidupkan pompa air untuk memenuhi kebutuhan air di sawah mereka," ungkapnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga terus menyemangati para petani agar tidak patah semangat dalam menggarap dan memelihara tanamannya, walaupun terasa berat karena sulitnya mendapatkan air.

Namun guna mencapai ketahanan pangan segala upaya harus tetap dilakukan dan salah satunya adalah dengan menggunakan pompa air.

"Kita terus beri semangat kepada para petani, walaupun dengan kesulitan yang ada, ini semua demi cita-cita kita bersama dalam mensukseskan ketahanan pangan daerah dan nasional," imbuhnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved