Rupiah Terkerek Hasil Lelang SUN

Rupiah menguat terhadap dollar AS pada Rabu (3/7). Kurs spot rupiah menguat 0,13 persen ke Rp 14.120 per dollar AS, sedangkan JISDOR melemah 0,14 pers

Rupiah Terkerek Hasil Lelang SUN
SHUTTERSTOCK Via Kompas.com
Ilustrasi dolar AS 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Rupiah menguat terhadap dollar AS pada Rabu (3/7). Kurs spot rupiah menguat 0,13 persen ke Rp 14.120 per dollar AS, sedangkan JISDOR melemah 0,14 persen ke Rp 14.160 per dollar AS.

Hasil lelang surat utang menjadi faktor pendorong rupiah. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, total penawaran yang masuk pada lelang SUN, Selasa (2/7), mencapai Rp 62,09 triliun.

Jumlah itu lebih besar dari penawaran di lelang SUN dua pekan sebelumnya, yakni Rp 54,79 triliun.
Ekonom BCA, David Sumual mengatakan, hasil penawaran lelang SUN itu menunjukkan minat pelaku pasar terhadap aset rupiah masih bagus. Hal itu membuat rupiah menguat.

"Hasil penawaran besar sekali, kelebihan sampai tiga kali lipat. Jadi kelihatan minat investor terhadap mata uang aset rupiah itu masih bagus," ujarnya.

Meski rupiah memiliki tren menguat, Analis Monex Investindo Futures, Ahmad Yudiawan menyebut, ada beberapa ancaman negatif dari sisi eksternal, terkait dengan kebijakan perdagangan AS yang menetapkan tarif impor bagi barang asal Uni Eropa 4 miliar dollar AS.

"Seharusnya ini menjadi sentimen negatif bagi rupiah, tapi sepertinya hal itu tidak dihiraukan oleh investor pada hari ini. Ini karena kondisi dalam negeri kondusif dan mendukung pergerakan pasar," paparnya.

Pada hari ini, Kamis (4/7), Yudi dan David memerkirakan rupiah masih menguat. Yudi memrediksi rupiah akan bergerak antara Rp 14.070-Rp 14.190, sedangkan David menganalisa rupiah akan bergerak antara Rp 14.100-Rp 14.170 per dollar AS. (Kontan/Adrianus Octaviano)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved