Sandang Predikat Kurang Baik, Disdukcapil Kabupaten Pekalongan Terus Berbenah

Indeks kepuasan masyarakat terhadap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pekalongan cukup rendah

Sandang Predikat Kurang Baik, Disdukcapil Kabupaten Pekalongan Terus Berbenah
Tribunjateng.com/Indra Dwi Purnomo
Kantor Disdukcapil Kabupaten Pekalongan yang berada di Jalan Sindoro Nomor 5 Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Indeks kepuasan masyarakat terhadap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pekalongan cukup rendah.

Hal itu terungkap dalam survei yang dilakukan oleh pihak ketiga.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pekalongan, Catur Elmiati mengungkapkan,survei yang dilakukan oleh pihak ketiga tersebut hasilnya kurang baik, terutama terkait dengan sarana dan prasarana.

"Berdasarkan hasil survei kepuasaan masyarakat tahun 2018 di Disdukcapil nilai indeks kepuasaan masyarakatnya masih belum baik. Pasalnya, saat penilaian Disdukcapil masih menempati kantor sementara di BLK, sehingga masyarakat banyak mengeluhkan sarana dan prasarana yang ada," kata Catur Elmiati kepada Tribunjateng.com, Kamis (04/07/2019).

Menurut Catur, semua masukan masyarakat sudah kami penuhi secara bertahap di kantor baru yang berada di Jalan Sindoro Nomor 5 Kajen.

"Masukan masyarakat ini di antaranya kipas angin, AC, dan penambahan tempat duduk untuk ruang tunggu di kantor baru sudah terpenuhi. Karena, saat di BLK kurang nyaman, panas, dan tempat duduknya sering kurang. Kemudian, masukan lainnya perlu ada nomor antrean agar lebih tertib dan teratur semuanya sudah terpenuhi di kantor baru," ungkapnya.

Catur menambahkan pihaknya terus berusaha memperbaiki pelayanan, apalagi gedung Dindukcapil sudah selesai direhab.

Sehingga, akan lebih nyaman bagi masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan dan pihaknya berharap dengan adanya kantor baru tersebut maka pelayanan kepada masyarakat akan semakin lebih baik.

Selain itu, sarana dan prasarananya juga mulai dipenuhi secara bertahap.

"Kami juga menyediakan ruang laktasi bagi ibu yang akan menyusui anaknya, dan ada pojok bermain untuk mereka yang anaknya ikut datang ke sini. Untuk pelayanan pun kita berusaha tingkatkan. Salah satunya ada 'kotak' atau 'teko cetak', asal persyaratannya lengkap misal saat ngurus akta kematian maka langsung kita cetak," imbuhnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved