Suharinto Sebut Ide Bisnis Wirausaha Pemuda Belum Inovatif, Mayoritas Sebatas Meniru Belum Original

Disparpora Kabupaten Tegal menilai beberapa ide bisnis yang digarap para Wirausaha Pemuda (WP) belum inovatif, sebatas meniru.

Suharinto Sebut Ide Bisnis Wirausaha Pemuda Belum Inovatif, Mayoritas Sebatas Meniru Belum Original
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Kepala Disparpora Kabupaten Tegal Suharinto (kiri) saat hadir memberi penilaian pada Prakualifikasi Teknoprener Muda Pemula 2019 Kemenpora RI di Hotel Primebiz Kota Tegal, Kamis (4/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tegal menilai beberapa ide bisnis yang digarap para Wirausaha Pemuda (WP) belum inovatif.

Kepala Disparpora Kabupaten Tegal, Suharinto menuturkan, para pemuda yang memiliki ide bisnis dan tergabung dalam program WP Kabupaten Tegal itu masih sebatas meniru.

"Yang kami harapkan sebenarnya inovasi, bukan tiruan. Tadi kami lihat masih belum ada inovasi murni. Inovasinya kurang, tidak murni," kata Suharinto saat menghadiri Prakualifikasi Teknoprener Muda Pemula 2019 Kemenpora RI di Hotel Primebiz Kota Tegal, Kamis (4/7/2019).

Dia mencontohkan, ada ide bisnis coklat dodol yang dinilainya kurang inovatif.

Ide itu digarap satu dari 30 pemuda yang hadir dalam pelatihan teknoprener Kemenpora RI.

Sebab, menurut Suharinto, ide tersebut hanya menggabungkan antara coklat dengan dodol yang masing-masing dibeli.

"Jadi, inovasinya kurang maksimal. Seharusnya jika inovasinya maksimal, coklatnya buat sendiri, dodolnya juga sama. Tidak sebatas mencampur. Tidak ada originalitasnya," pungkas Suharinto.

Meski begitu, dia melihat ada beberapa ide bisnis yang digarap murni dan cukup inovatif.

Ide bisnis yang dibuat salah satu wirausaha pemuda itu menggarap benih kangkung agar bisa tumbuh tegak, layaknya menanam padi.

"Biasanya kalau tanam kangkung itu menjalar. Namun, kangkung yang dibuat pemuda ini berbeda karena berdiri tegak. Selain itu, hasil tanam kangkungnya pun besar. Ini berbeda dari lainnya. Terlihat originalitasnya," papar dia. (Akhtur Gumilang)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved