TPA Kaliwungu Selatan Mulai Dibangun Tahun Depan, Backup Sampah Darupono Kendal

Kepala DLH Kabupaten Kendal, Sri Purwati mengatakan, di Kabupaten Kendal memiliki 2 TPA yakni di Desa Darupono dan Desa Pagergunung.

TPA Kaliwungu Selatan Mulai Dibangun Tahun Depan, Backup Sampah Darupono Kendal
TRIBUN JATENG/DINI SUCIATININGRUM
DOKUMENTASI - Pemulung mengais sampah di TPA Darupono Kabupaten Kendal. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Kurangi penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Darupono, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI akan membangun TPA baru di Kabupaten Kendal.

Pembangunan TPA baru yang akan memakan anggaran sebesar Rp 20 miliar itu dibangun di Kecamatan Kaliwungu Selatan dan tidak berada jauh dengan lokasi TPA Darupono.

Nantinya realisasi pembangunan dilakukan tahun depan (2020).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kendal, Sri Purwati mengatakan, di Kabupaten Kendal memiliki 2 TPA yakni di Desa Darupono dan Desa Pagergunung.

Namun TPA Darupono mengalami penumpukan yang sangat banyak karena menampung sampah dari beberapa kecamatan di wilayah timur Kabupaten Kendal.

"Untuk luasnya TPA Darupono itu sekitar 0,9 hektare, sedangkan TPA Pagergunung luasnya sekitar 1,5 hektare. Jika dipindah ke TPA Pagergunung, warga merasa kejauhan untuk membuang sampah," ujarnya, Kamis (4/7/2019).

Ia menambahkan, nantinya TPA baru itu akan memiliki luas 6 hektare.

Namun pada tahap pertama yang akan dibangun hanya seluas 1,5 hektare.

"Sudah cek lokasi dan cocok karena lokasinya satu kilometer dari lingkungan pemukiman. Nantinya TPA itu menggunakan sistem Sanitary Landfill dalam pengolahannya," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kendal, Sugiyono mengatakan, pihaknya ikut membantu pembuatan Detail Engineering Design (DED) TPA baru tersebut.

Hal itu guna membantu syarat pengajuan pembuatan TPA ke Pemerintah Pusat.

"Wewenangnya tetap berada di DLH, kami hanya bantu DED, karena syarat pengajuan anggaran harus sudah ada DED,” pungkasnya. (Dhian Adi Putranto)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved