2 Juta Ayam DOC Terancam Dimusnahkan, Akibat Over Produksi di Kabupaten Tegal, Instruksi Kementan

Pemusnahan ayam diinstruksikan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI kepada 24 produsen se Jawa Tengah.

2 Juta Ayam DOC Terancam Dimusnahkan, Akibat Over Produksi di Kabupaten Tegal, Instruksi Kementan
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Kepala DKPP Kabupaten Tegal, Toto Subandrio memantau ayam DOC atau baru menetas sehari yang akan dimusnahkan oleh produsen, Jumat (5/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Over produksi ayam di Kabupaten Tegal kian bertambah sehingga harga anjlok drastis di tingkat peternak.

Dalam kurun waktu 28 Juni hingga 3 Juli 2019, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal setidaknya mencatat ada 1,4 juta lebih ekor ayam berstatus Day Old Chicken (DOC) atau baru menetas sehari akan dimusnahkan atau dibantai.

Kepala DKPP Kabupaten Tegal, Toto Subandriyo menyebut, jumlah ayam DOC yang akan dimusnahkan dalam kurun waktu 6 hari itu yakni sebanyak 1,4 juta ekor

Upaya pemusnahan itu dilakukan agar harga ayam di tingkat peternak yang saat ini rendah kembali normal.

Apabila harga di tingkat peternak tidak berangsur normal, pihaknya bahkan memprediksi ayam DOC yang akan dimusnahkan bisa mencapai 2 juta ekor.

Pemusnahan tersebut diinstruksikan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI kepada 24 produsen se Jawa Tengah.

"Dua di antaranya ada di Kabupaten Tegal. Harga ayam yang anjlok di tingkat peternak kini disebabkan produksinya yang melimpah di pasaran. Jadi, dengan pemusanahan ini diharapkan bisa mengurangi p‎roduksi sehingga harga bisa kembali normal," jelas Toto saat ditemui Tribunjateng.com, Jumat (5/7/2019).

Toto menjelaskan, ayam DOC yang dimusnahkan berasal dari dua peternak besar.

Dua peternak itu berada di wilayah Margahayu, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal.

Masing-masing adalah PT Charoen Pokphand dan PT Super Unggas Jaya.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved